Find Us On Social Media :

Semua Pemimpin ASEAN Diundang Jokowi, Tapi Inilah Dua Pemimpin ASEAN yang Tak Akan Hadiri Rapat Istimewa dengan Min Aung Hlaing di Jakarta, Apa Penyebabnya?

By Maymunah Nasution, Jumat, 23 April 2021 | 16:36 WIB

Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha (Kiri) dan pemimpin Militer Myanmar (Tatmadaw) Min Aung Hlaing (Kanan)

Intisari-online.com - Pertemuan pemimpin ASEAN di Jakarta 24 April mendatang merupakan pertemuan unik.

Pasalnya, pertemuan ini akan khusus membahas kudeta militer Myanmar.

Meski Indonesia bukan ketua ASEAN, tapi Presiden Joko Widodo meminta izin mengadakan pertemuan istimewa ini di Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta.

Pemimpin Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Laos, Kamboja, dan Brunei Darussalam telah mengkonfirmasi kehadiran di pertemuan pada 24 April besok.

Baca Juga: Sampai Terpikir Mengundang Junta Militer ke Jakarta, Langkah Jokowi Dianggap Pakar Ingin Meneruskan Warisan yang Sudah Dicetak SBY di Pemerintahan Myanmar yang Sedikit Diketahui Dunia Ini

Namun pemimpin Thailand, Prayut Chan-o-cha, disebutkan tidak akan menghadirinya.

Ia hanya akan diwakilkan oleh Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai.

Selain Prayut, pemimpin Filipina Rodrigo Duterte juga menyatakan ia akan absen dalam pertemuan itu dengan alasan kekhawatiran kasus Covid-19 semakin melonjak.

Pertemuan diyakini akan membahas krisis politik di Myanmar, setelah berminggu-minggu upaya oleh beberapa negara anggota ASEAN terutama Indonesia diluncurkan untuk menangani masalah regional.

Baca Juga: Setelah Bulan Lalu Merugi Besar Akibat Sanksi Berat dari AS, Junta Militer Myanmar dan Dua Raksasa BUMN Kini Kena Hukuman Berat Lagi, Ini Sumbernya