Find Us On Social Media :

Tipuan Kapal Perang Dreadnought; Ketika Sekelompok Siswa Berpakaian Seperti Delegasi Sultan Lalu Menipu Angkatan Laut dan Meminta Sajadah

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 15 April 2021 | 09:20 WIB

Kapal Perang HMS Dreadnought

Intisari-Online.com – Peristiwa menarik terjadi di atas kapal yang mewakili semua kekuatan periode Edwardian, selama puncak dominasi Angkatan Laut Inggris.

Selama tahun-tahun pertama abad ke-20, HMS Dreadnought mengubah permainan dalam perang angkatan laut.

Kapal perang ini memicu perlombaan senjata antara negara adidaya lama dan baru, yang semuanya berpartisipasi dalam konflik dunia di masa depan.

AS, Jerman, dan Jepang semua bergegas untuk membuat versi kapal mereka sendiri dan satu arah menuju perang total.

Baca Juga: Eropa di Ambang Perang Dunia III, Selain Kirim Lebih 80.000 Tentara ke Perbatasan Rusia-Ukraina, Vladimir Putin Juga Kerahkan Tank hingga 10 Kapal Perang untuk Kepung Wilayah Ini

Empat tahun sebelum Perang Dunia Pertama, pada tahun 1910, HMS Dreadnought, awaknya, dan pejabat Admiralty terlibat dalam lelucon praktis yang sangat merusak reputasi Angkatan Laut Inggris dan kapal perusak yang maha kuasa.

Lelucon itu diatur oleh orang eksentrik dan iseng Inggris yang terkenal, Horace de Vere Cole, yang terkenal karena kecerdasan dan kebiasaannya mengejek figur otoritas.

Cole sudah bertanggung jawab atas serangkaian lelucon praktis, beberapa di antaranya mendapat liputan media.

Salah satu aksinya yang paling terkenal, dilakukan dengan kaki tangannya yang setia, Adrian Stephen, adalah ketika Cole menyamar sebagai Sultan Zanzibar dalam kunjungan resmi ke Universitas Cambridge.

Baca Juga: Di Tengah Memanasnya Rusia vs Ukraina, Tanpa Disadari Bagian Utara Laut China Selatan Juga Bergejolak, AS Kerahkan Kapal Perang dalam Jumlah Besar Hal Ini Jadi Pemicunya