Find Us On Social Media :

Duh, Ada Gambar Pakaian Adat Rote NTT di Mata Uang Timor Leste, Benarkah Bumi Lorosae Mengklaim Budaya Indonesia?

By Ade S, Selasa, 6 April 2021 | 19:17 WIB

Ada Gambar Pakaian Adat Rote NTT di Mata Uang Timor Leste

Intisari-Online.com - Beberapa waktu lalu beredar sebuah foto yang menunjukkan mata uang Timor Leste yang sempat membuat warga Indonesia gempar.

Sebab, dalam mata uang tersebut terlihat dua orang yang mengenakan pakaian adat Rote, Nusa Tenggara Timur.

Tentu saja hal ini membongkar luka lama bangsa Indonesia yang kerap saling klaim budaya dengan negara-negara tetangganya.

Rendang, batik, wayang kulit, adalah beberapa warisan budaya Indonesia yang justru diklaim oleh negara lain, dalam hal ini adalah Malaysia.

Baca Juga: Bak Jejalkan Rakyatnya Sendiri ke Sarang Kematian, Timor Leste Tak Berkutik Dihantam Banjir Besar Tepat saat Jalankan Lockdown, Bahkan Satu-satunya Harapan Melawan Pandemi pun Ikut 'Terkubur'

Lalu, bagaimana dengan Timor Leste, negara yang pernah dijajah oleh Indonesia, yang kini dituduh mengklaim budaya adat Rote?

Benarkah mereka berani mengklaim baju adat rote dalam mata uang mereka? Simak ulasannya berikut ini.

Sebuah pesan tentang pakaian adat Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) digunakan pada gambar mata uang Timor Leste beredar di media sosial Facebook.

Pada unggahan tersebut terdapat foto mata uang Timor Leste, tetapi bergambar dua orang berpakaian adat Rote dari Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Bak Tutup Mata dengan Jumlah Korban Jiwa di NTB dan NTT, Australia Malah Pilih Jor-joran Bantu Tetangga Kesayangan, Demi Lancarnya Aliran Minyak Puluhan Miliar Per Minggu?