Find Us On Social Media :

Bak Tutup Mata dengan Jumlah Korban Jiwa di NTB dan NTT, Australia Malah Pilih Jor-joran Bantu Tetangga Kesayangan, Demi Lancarnya Aliran Minyak Puluhan Miliar Per Minggu?

By Tatik Ariyani, Selasa, 6 April 2021 | 15:10 WIB

Banjir bandang di Timor Leste

Intisari-Online.com - Pemerintah Australia mengatakan "siap" untuk membantu Timor Leste setelah bencana banjir melanda negara itu.

Bencana banjir itu memaksa ribuan orang untuk mengungsi dan sedikitnya 27 orang tewas.

Timor Leste dihantam oleh hujan lebat dan badai pada akhir pekan, mengirimkan aliran air deras melalui kota-kota dan desa-desa, dan mengubah jalan-jalan ibu kota Dili menjadi kanal.

Banjir bandang dan tanah longsor juga melanda NTT dan NTB, Indonesia yang hingga Senin dilaporkan ada 86 korban meninggal dunia.

Baca Juga: Istana Negara Timor Leste Terendam Banjir Bandang NTT dan Timor Leste, Sejarah Mencatat Banjir Sering Terjadi di Negara Tetangga Indonesia Itu dan Rakyatnya yang Enggan Saling Membantu Evakuasi

Melansir ABC News, Senin (5/4/2021), Menteri Bayangan untuk Pasifik, Pat Conroy, mengatakan kepada ABC bahwa ada "kebutuhan yang jelas untuk tanggap darurat" di Timor Leste untuk membantu pemulihan.

"Pemerintah (Australia) perlu menanggapi setiap permintaan bantuan dari Timor Leste," katanya.

"Kami berhutang budi kepada rakyat Timor Leste yang tidak pernah bisa kami bayar sepenuhnya."

Dan di luar ancaman COVID-19, para ahli dan pejabat tetap khawatir ribuan orang akan tetap berisiko terkena penyakit yang ditularkan melalui air.

Baca Juga: Sejarah Timor Leste Diinvasi Indonesia: Kisah Anak-anak Jadi Korban Penculikan Terpisah dari Keluarga Puluhan Tahun, Seperti yang Terjadi pada Pria dan Wanita Ini