Find Us On Social Media :

Sampai Bikin Lupa Kalau di Dunia Ini Ada yang Namanya Copet dan Nganggur, Kebahagiaan Warga Finlandia Nyatanya Bisa Sirna Seketika Jika Sudah Berhadapan dengan Kondisi Alami Ini

By Tatik Ariyani, Selasa, 6 April 2021 | 13:52 WIB

Ilustrasi Finlandia

Intisari-Online.com - Finlandia baru saja dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia selama empat tahun beruntun oleh World Happiness Report.

Warga negara Indonesia (WNI) di Finlandia menceritakan, di negara paling bahagia sedunia itu hampir tidak ada copet, begal, atau rampok, sehingga keamanannya terjamin.

Evita Wishnuwardani Haapavaara (55) mengatakan kepada Kompas.com, Jumat (26/3/2021), "Kami merasa nyaman dan aman di sini. Tidak takut ada copet, begal, atau rampok. Bahkan bahaya di jalan pun hampir tidak ada."

"Kami merasa aman jalan-jalan gelap malam dekat hutan. Bahaya kejahatan narkoba juga sangat minim, atau dikatakan hampir tidak ada," lanjutnya.

Baca Juga: Pantas Saja Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia, Intip Saja Fasilitas Mentereng yang Disiapkan Pemerintah Finlandia untuk Warganya, Bisakah Ditiru Indonesia?

Kerasan sampai 26 tahun lamanya di Finlandia, Evita mengungkapkan faktor lain dari kenyamanan tinggal di negara tersebut, yakni transportasi umum yang sangat bagus, bahkan sampai tidak ada kurir online.

"Belum ada jasa seperti itu (kurir online) di sini, karena mungkin bagusnya sistem public transportation, jadi ke mana-mana mudah, tidak perlu bermacet-macet."

Evita yang asal Jakarta dan kini bersuami pria Finlandia melanjutkan, infrastruktur umum di negara itu sangat menunjang kenyamanan dan keamanan.

"Contohnya Helsinki Smart City, fasilitas-fasilitas pendidikan lain seperti perpustakaan gratis, kursus-kursus pelatihan yang gratis, kursus bahasa gratis, dll," ungkap wanita yang sekarang berdomisili di Espoo ini.

Baca Juga: Enaknya Tinggal di Finlandia, Diklaim Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia, Waktu Belajar Hanya 3 Jam, Tidak Ada PR dan Ujian, Tapi Terbaik di Dunia