Penulis
Intisari-Online.com - Tanpa penemuan sepeda motor pertama di dunia, mungkin saat ini kita tidak bisa menikmati kemudahan untuk beraktivitas sehari-hari.
Daimler Reitwagen yang dibuat oleh penemu Jerman, Gottlieb Daimler dan Wilhem Maybach merupakan kendaraan yang dianggap sebagai sepeda motor pertama di dunia.
Kini, kita mengandalkan moda transportasi seperti sepeda motor, mobil, hingga kapal.
Ternyata, semua moda transportasi tersebut, khususnya kendaraan beroda empat, penciptaannya bermula dari mesin sepeda motor pertama di dunia buatan kedua penemu Jerman tersebut.
Daimler dan Maybach memiliki desain mesin yang inovatif sehingga tidak terbatas pada sepeda motor.
Popularitas dan kepraktisannya terus meningkat, menyebabkan ia digunakan di kapal dan mobil, khususnya gerbong roda empat.
Mesinnya digunakan dalam konstruksi kendaraan roda empat yang dirancang dari awal sebagai mobil.
Gottlieb Daimler sendiri dianggap sebagai 'Bapak Sepeda Motor', sementara Maybach dikenal sebagai 'Raja Desainer'.
Selain itu, nama sang penemu diambil sebagai bagian dari nama sepeda motor pertama di dunia, 'Daimler'.
Lalu, apa arti 'Reitwagen' dalam nama sepeda motor pertama di dunia tersebut? Ternyata artinya cukup unik.
Melansir hotcars.com,"Reitwagen" berarti "mengendarai gerobak" atau "jalur tunggal".
Kenapa jalur tunggal? Iu dikarenakan Daimler Reitwagen menggunakan dua roda dan melaju di trek tunggal, sebagai lawan dari kereta beroda empat, yang melaju dengan dua jalur.
Meski begitu, Daimler Reitwagen ini juga bisa dikatakan beroda empat seperti gerobak.
Memang ia merupakan sepeda motor roda dua, namun sebenarnya ia memilki empat roda, dua di antaranya dapat dikatakan sebagai roda latihan.
Reitwagen memiliki body berwarna coklat, tentu tampilannya berbeda dengan sepeda motor yang kita kenal saat ini.
Pada dasarnya, sepeda motor Daimler merupakan sepeda kayu tanpa pedal kaki yang didukung oleh mesin kecil dan bertenaga dibandingkan dengan mesin pembakar lain pada masa itu yang digunakan untuk operasi diam.
Sementara bensin memberinya kredibilitas, karena pada masanya, bensin tidak sering digunakan sebagai bahan bakar dan banyak mesin tidak menggunakan bensin.
Klaim Daimler untuk mengembangkan sepeda motor "sejati" pertama mendapatkan kredibilitasnya ketika diumumkan bahwa Daimler Reitwagen berbahan bakar bensin.
Kendaraan sebelumnya pada masa itu adalah mesin dua silinder kecil yang ditenagai oleh uap.
Sehingga, meski ada pendahulu Daimler Reitwagen yang dianggap sebagai sepeda motor, namun Daimler Reitwagen tetap menjadi sepeda motor pembakaran internal bensin pertama.
Daimler Reitwagen diperkenalkan Jerman pada 10 November 1885, atau sekitar 136 tahun yang lalu.
Pada April 1885, mesin untuk Daimler Reitwagen secara resmi dipatenkan.
Prasyarat terpenting untuk sepeda motor pertama di dunia adalah mesin empat-tak, satu silinder yang inovatif dari Daimler, sebuah tonggak penting dalam sejarah teknologi.
Sementara, desain lengkap Daimler Reitwagen dipatenkan pada tanggal 29 Agustus 1885.
Kemudian pada November 1885 Daimler Reitwagen melakukan perjalanan pertamanya di depan umum.
Perjalanan terebut mendemonstrasikan tenaga mesin dan kendali manusia atasnya, dengan Putra Daimler, Paul, mengambil peran sebagai pengendara pertama.
Beralih ke proyek yang lebih besar setelah pembuatan model Daimler Reitwagen, Gottlieb Daimler tidak pernah kembali ke konstruksi sepeda motor lagi.
Reitwagen-nya adalah satu-satunya proyek sepeda motornya. Namun, penciptaannya menjadi sejarah penting bagi dunia otomotif.
(*)
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik?Langsung saja Majalah Intisari.Tinggal klik dihttps://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari