Find Us On Social Media :

Bukan Hanya Penemu Sepeda Motor Pertama di Dunia, Sosok Jenius Ini Juga Ada di Balik Penciptaan Mobil Modern, Siapa Dia?

By Khaerunisa, Jumat, 26 Maret 2021 | 19:15 WIB

Gottlieb Daimler, pencipta sepeda motor pertama di dunia

Intisari-Online.com - Gottlieb Reitwagen merupakan sosok penemu sepeda motor pertama di dunia.

Bersama rekannya, Wilhem Maybach, Gottlieb Daimler menjadi pencipta sepeda motor pertama di dunia yang dinamai Daimler Reitwagen.

Sepeda motor itu pertama kali diperkenalkan di dunia pada 10 November 1885,atau sekitar 136 tahun yang lalu.

Saat itu, Reitwagen melakukan perjalanan publik pertamanya di depan umum. Perjalanan tersebut mendemonstrasikan tenaga mesin dan kendali manusia atasnya.

Baca Juga: Bersama Gottlieb Daimler Buat Sepeda Motor Pertama di Dunia, Inilah Sosok Wilhelm Maybach yang Dijuluki sebagai 'Raja Desainer'

Putra Daimler, Paul, mengendarai kendaraan itu, menempuh jarak 5 km antara Cannstatt ke Unterturkheim di Stuttgart, Jerman dengan kecepatan 5-12 km / jam.

Sepeda motor buatan Daimler merupakan sepeda kayu tanpa pedal kaki yang didukung oleh mesin kecil dan bertenaga dibandingkan dengan mesin pembakar lain pada masa itu yang digunakan untuk operasi diam.

Prioritas Daimler saat itu adalah membuat mesinnya dapat digunakan untuk kendaraan bergerak.

Meski ada pendahulu Daimler Reitwagen yang dianggap sebagai sepeda motor, namun Daimler Reitwagen tetap menjadi sepeda motor pembakaran internal bensin pertama. Bahkan, dianggap sebagai cikal bakal semua kendaraan darat, laut, dan udara yang menggunakan mesin jenis ini.