Bukan Hanya Penemu Sepeda Motor Pertama di Dunia, Sosok Jenius Ini Juga Ada di Balik Penciptaan Mobil Modern, Siapa Dia?

Khaerunisa

Penulis

Inilah sosok penemu sepeda motor pertama di dunia, sekaligus sosok di balik penciptaan mobil modern. Sepak terjangnya luar biasa

Intisari-Online.com - Gottlieb Reitwagen merupakan sosok penemu sepeda motor pertama di dunia.

Bersama rekannya, Wilhem Maybach, Gottlieb Daimler menjadi pencipta sepeda motor pertama di dunia yang dinamai Daimler Reitwagen.

Sepeda motor itu pertama kali diperkenalkan di dunia pada 10 November 1885,atau sekitar 136 tahun yang lalu.

Saat itu, Reitwagen melakukan perjalanan publik pertamanya di depan umum. Perjalanan tersebut mendemonstrasikan tenaga mesin dan kendali manusia atasnya.

Baca Juga: Bersama Gottlieb Daimler Buat Sepeda Motor Pertama di Dunia, Inilah Sosok Wilhelm Maybach yang Dijuluki sebagai 'Raja Desainer'

Putra Daimler, Paul, mengendarai kendaraan itu, menempuh jarak 5 km antara Cannstatt ke Unterturkheim di Stuttgart, Jerman dengan kecepatan 5-12 km / jam.

Sepeda motor buatan Daimler merupakan sepeda kayu tanpa pedal kaki yang didukung oleh mesin kecil dan bertenaga dibandingkan dengan mesin pembakar lain pada masa itu yang digunakan untuk operasi diam.

Prioritas Daimler saat itu adalah membuat mesinnya dapat digunakan untuk kendaraan bergerak.

Meski ada pendahulu Daimler Reitwagen yang dianggap sebagai sepeda motor, namun Daimler Reitwagen tetap menjadi sepeda motor pembakaran internal bensin pertama. Bahkan, dianggap sebagai cikal bakal semua kendaraan darat, laut, dan udara yang menggunakan mesin jenis ini.

Baca Juga: Mampu Luluh Lantakkan Jakarta Jika Diluncurkan dari Yogyakarta, Korea Utara Luncurkan Rudal yang Muat Hulu Ledak 2,5 Ton Hanya Gegara Komentar Joe Biden Ini, Jepang Langsung Panik!

Selanjutnya, Gottlieb Daimler mengembangkan mobil modern, sehingga ia juga dikenal sebagai sosok jenius yang ada di balik penciptaan mobil.

Sementara Reitwagen-nya menjadi desain sepeda motor pertama dan terakhir yang ia ciptakan.

Daimler dan Maybech tidak kembali ke konstruksi sepeda motor lagi, melainkan beralih ke produksi mobil.

Daimler akhirnya memproduksi dan membangun mesin dan unit tenaga, dan kemudian mulai merancang dan membangun mobil awal.

Baca Juga: Ungkap Kondisi Mengerikan Kamp Tahanan di Xinjiang dari Cerita Korban, Co-Developer Film Dokumenter 'Reeducated:' 'Suara yang Akan Anda Dengar Sebenarnya Mengengelingi Anda'

Melansir hindustantimes.com, Pada tahun 1886, ia memasang mesin di kereta pos yang kemudian dikembangkan menjadi kendaraan roda empat.

Pada tahun 1889, ia mengembangkan mesin empat tak dengan silinder dan katup miring V. Pada tahun yang sama, mereka juga memproduksi mobil pertama dengan sistem transmisi empat kecepatan.

Pada tahun 1890, Daimler dan Maybach mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft di Stuttgart.

Sebuah mobil bertenaga mesin yang dirancang oleh Daimler memenangkan perlombaan mobil internasional pertama dari Paris ke Rouen pada tahun 1894.

Baca Juga: Begini Idealnya Berinvestasi, Agar Berakhir Untung, Bukan Buntung

Hanya 15 dari 102 mobil dalam perlombaan yang berhasil menyelesaikannya dan kelimabelasnya memiliki mesin Daimler.

Daimler dan Maybach bergabung kembali dengan Daimler Motor Company pada tahun 1895.

Perusahaan tersebut memproduksi truk pertama pada tahun berikutnya. Pada tahun 1900, perusahaan tersebut memproduksi sebuah mobil bernama Mercedes sesuai nama anak perempuan pemodal yang mendukung Daimler.

Baca Juga: Gegara Ucapan Joe Biden, Korea Utara Luncurkan Rudal Balistiknya, Bikin Jepang dan Korea Selatan PanikBukan Main, 'Kami Siaga 1!'

Tentang Gottlieb Reitwagen

Gottlieb Daimler merupakan insinyur mesin Jerman yang kemudian dikenal sebagai tokoh utama dalam sejarah awal otomotif industri.

Ia lahir di Schorndorf, Württemberg (Jerman) pada 17 Maret 1834.

Daimler adalah putra seorang tukang roti bernama Johannes Däumler (Daimler) dan istrinya Frederika, dari kota Schorndorf dekat Stuttgart , Württemberg.

Sebelum menjadi terkenal dan mendirikan salah satu perusahaan otomotif ternama di dunia, Gottlieb Daimler memang sudah memiliki ketertarikan pada dunia teknik.

Baca Juga: Berawal dari Sakit Perut, Dokter Kaget Setelah Bedah Perut Pasien Ini, Temukan Makhluk yang Dilihatnya Sekali Selama 50 Tahun Memiliki Panjang 18 Meter

Pada usia 13 (1847), ia telah menyelesaikan enam tahun pendidikan dasar di Lateinschule dan menjadi tertarik pada teknik.

Setelah menyelesaikan sekolah menengah pada tahun 1848, Daimler dilatih sebagai pembuat senjata di bawah Master Gunsmith Hermann Raithel.

Pada tahun 1852 ia mengakhiri pelatihan dengan ujian perdagangan.

Ia lulus pada tahun 1852, lulus uji keterampilan dengan sepasang pistolberukir laras ganda.

Baca Juga: Pantas Berani Tarik Pasukan Setelah Korbankan Nyaris Setengah Juta Nyawa Manusia, Ternyata Amerika Sudah Kuasai 90% Harta Karun Suriah yang Tertanama di Kerak Bumi Ini

Pada tahun yang sama, pada usia delapan belas tahun, Daimler memutuskan untuk mengambil teknik mesin, meninggalkan pembuatan senjata, dan meninggalkan kampung halamannya.

Daimler mendaftar di Sekolah Stuttgart untuk Pelatihan Lanjutan dalam Seni Industri, di bawah asuhan Ferdinand von Steinbeis.

Pada tahun 1853, Daimler, dengan bantuan Steinbeis, mendapat pekerjaan di "perguruan tinggi pabrik", Rollé und Schwilque (R&S) di Grafenstaden.

Tidak cukup di Stuttgart, tahun 1861, dia mengundurkan diri dari R&S, mengunjungi Paris, kemudian pergi ke Inggris, bekerja dengan perusahaan teknik terkemuka di negara itu, menjadi berpengetahuan luas dengan peralatan mesin.

Baca Juga: Gendong Adiknya Sendiri yang Terkulai Tak Bernyawa Usai Dihantam Bom Atom Nagasaki, Foto Bocah Ini Jadi Inspirasi Film Kartun Paling Menyedihkan Sepanjang Masa

Sepulangnya dari Inggris, Daimler yang saat itu berusia 31 tahun mendapat pekerjaan di kota Reutlingen di selatan Jerman dan menjadi pengawas di sebuah bengkel bernama Bruderhau, lembaga sosial yang mempekerjakan anak yatim dan tunawisma.

Di sana ia berkenalan dengan anak muda berusia belasan tahun yang kelak menjadi partner bisnisnya seumur hidup, Wilhelm Maybach.

Setelah pertemuan keduanya, mereka mulai bereksperimen dengan berbagai mesin di sebuah rumah musim panas milik Daimler di kota Cannstatt.

Daimler dan Maybach merancang pendahulu mesin bensin modern.

Baca Juga: Setelah China, Giliran Myanmar Kini Jadi Negara dengan Sebagian Besar Perusahaannya Masuk dalam Daftar Hitam

Pada tahun 1869, ia diangkat menjadi direktur Maschinenbau-Gesellschaft Karlsruhe, produsen lokomotif dan kereta api.

Pada tahun 1872, ia mulai bekerja sebagai manajer teknis di pabrik mesin Gasmotorenfabrik Deutz.

Pada pertengahan 1882, dia memulai lokakarya eksperimental dengan bantuan Maybach. Duo ini mendirikan pabrik di Stuttgart untuk membuat mesin bertenaga bensin berkecepatan tinggi.

Selama dua dekade berikutnya, dia memainkan peran besar dalam banyak kemajuan.

Baca Juga: Perbandingan Kekuatan Militer China dan Taiwan, Dua Kekuatan yang Tengah Diwaspadai Bakal Berperang Lebih Cepat dari Perkiraan

(*)

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik?Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik disini

Artikel Terkait