Find Us On Social Media :

Lihat China Gunakan 'Taktik Licik' Serupa dengan yang Dilakukannya di Laut China Selatan Bikin India Waspada, Ini Perbandingan Kekuatan Militer China dan India

By Khaerunisa, Minggu, 4 April 2021 | 16:25 WIB

ilustrasi perbandingan kekuatan militer China dan India

Intisari-Online.com - Seperti apa perbandingan kekuatan militer China dan India saat ini?

Kedua negara tersebut terlibat konflik berkepanjangan di perbatasan.

Bahkan, kini India tengah mewaspadai strategi yang mungkin tengah dilakukan India.

Melansir voanews.com (2/4/2021), Dorongan China untuk membuat permukiman sipil di sepanjang perbatasan yang disengketakan di wilayah Himalaya menjadi perhatian utama baru bagi India.

Karena menurut para analis di India, hal itu meniru strategi Beijing untuk mengkonsolidasikan klaim di Laut China Selatan.

Baca Juga: Perbandingan Kekuatan Militer China dan Taiwan, Peringkat Kekuatannya di Bawah China, Ini Strategi Taiwan Hadapi China yang Rusuh ke Zona Pertahanan Udaranya

Bendera merah terbaru telah dikibarkan oleh sebuah desa baru yang dibangun oleh China di daerah yang disengketakan oleh kedua negara di sepanjang perbatasan di negara bagian Arunachal Pradesh di timur laut India.

Menurut para analis, pembangunan desa di wilayah yang juga diklaim oleh India adalah strategi untuk memperkuat klaim China atas wilayah tersebut dengan mengubah fakta di lapangan.

"Desa-desa perbatasan adalah Himalaya yang setara dengan pulau buatan China di Laut China Selatan dan jangan lupa bahwa di Laut China Selatan, China telah menggambar ulang peta geopolitik tanpa melepaskan satu tembakan pun," kata Brahma Chellaney, profesor studi strategis di Pusat Penelitian Kebijakan New Delhi.

Menurutnya, Beijing memajukan ekspansionisme tidak dengan cara langsung menggunakan kekuatan tetapi melalui perang asimetris dan hibrida.