Find Us On Social Media :

Perbandingan Kekuatan Militer China dan Taiwan, Peringkat Kekuatannya di Bawah China, Ini Strategi Taiwan Hadapi China yang Rusuh ke Zona Pertahanan Udaranya

By Khaerunisa, Jumat, 2 April 2021 | 18:30 WIB

Pesawat China J-16. (Ilustrasi) Perbandingan Kekuatan Militer China dan Taiwan, Peringkat Kekuatannya di Bawah China, Ini Strategi Taiwan Hadapi China yang Rusuh ke Zona Pertahanan Udaranya

Intisari-Online.com - Melihat perbandingan kekuatan militer China dan Taiwan, mudah ditebak jika kekuatan Taiwan berada di bawah China.

Menurut Global Firepower 2021, saat ini total kekuatan militer China masih bertahan di peringkat ke-3 di dunia, sementara Taiwan di peringkat ke-22.

Meski peringkatnya masih jauh di bawah China, namun Taiwan menunjukkan peningkatan dari sebelumnya di mana ia berada di peringkat ke-26.

Kini, tercatat bahwa Taiwan memiliki Power Index sebesar 0.4154 dari 0.0000 yang dianggap sempurna.

Baca Juga: Lagi-lagi Kapal Israel Diledakkan Iran? Makin Berani, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Iran dan Israel

Taiwan juga menunjukkan panah hijau, yang artinya perbandingan tahun ke tahun kekuatan militer negara ini mengalami tren naik.

Dari jumlah personel militer aktif, China masih belum terkalahkan dengan sebanyak 2.185.000 personel aktifnya. Ini ditambah dengan kekuatan cadangan sebanyak 510.000 personel.

Sedangkan personel militer aktif milik Taiwan bahkan lebih sedikit dari tentara cadangan China, yaitu hanya sebanyak 165.000 personel. Meski Taiwan juga tercatat memiliki kekuatan cadangan sebanyak 1.655.000 personel.

Untuk keuangannya, China pun masih menjadi militer terkaya dengan perkiraan anggaran pertahanan sebesar 178,2 miliar dolar AS. Sedangkan Taiwan mengalokasikan sebesar 13 miliar dolar AS. Bagaimana perbandingan di masing-masing sektor?