Find Us On Social Media :

Eksistensi Asia-Pasifik Jadi Taruhannya, Ancaman Perang Dunia Terus Tumbuh di Laut China Selatan Akibat Persaingan Militer Dua Negara Ini, Indonesia Mau Tidak Mau Mulai Terlibat

By Maymunah Nasution, Minggu, 4 April 2021 | 18:17 WIB

Filipina kembali dibuat berang oleh China setelah China kirim ratusan kapal mengepung Filipina, hubungan bilateral di ujung tanduk

Intisari-online.com - Ketegangan maritim terakhir antara China dan Filipina adalah tanda lain jika perairan Asia-Pasifik menjadi penuh 'badai' dan kemungkinan besar akan tetap seperti itu untuk masa depan nanti.

Perubahan geopolitik dan permusuhan antara AS dan China telah menuntun kepada peningkatan tidak biasa dalam manuver maritim dan penguasaan wilayah.

Kemudian analis mengatakan kehadiran lebih banyak aset militer, baik udara maupun laut, telah memeberatkan risiko kecelakaan dan konfrontasi.

"Tentu saja ada kekhawatiran terkait apakah insiden itu bisa menyebabkan ketegangan lebih besar," ujar Collin Koh, rekan peneliti dari Studi Internasional S. Rajaratnam di Singapura.

Baca Juga: Lihat China Gunakan 'Taktik Licik' Serupa dengan yang Dilakukannya di Laut China Selatan Bikin India Waspada, Ini Perbandingan Kekuatan Militer China dan India

Pakar juga mengatakan di This Week in Asia jika kecuali Beijing dan Washington mampu temukan keseimbangan dalam hubungan mereka, bahaya dan ketidakpastian di sekitar perairan Asia kemungkinan tidak akan reda dalam waktu dekat.

Harsh Pant, kepala program studi strategi di lembaga Penelitian New Delhi Observer Research Foundation mengatakan turbulensi di perairan wilayah itu sudah diprediksi karena dua negara terus-terusan meningkatkan kekuatan dan menguji satu sama lain.

"China yakin jika AS menguji keberaniannya, sementara administrasi Biden merasa mereka perlu tunjukkan keberanian dalam melawan China," ujar Pant.

Tambahan juga sementara pihak Barat telah menjadi lebih agresif menangani tantangan oleh Beijing, negara-negara di Asia-Pasifik juga lebih terbakar dalam respon mereka.

Baca Juga: Padahal Musuhnya Negara Sekelas China Sekalipun, Filipina Hanya Kerahkan Kapal Bobrok Ini Untuk Jadi Penjaga Terdepan di Laut China Selatan, Rupanya Inilah Alasannya