Find Us On Social Media :

Filipina Berang Bukan Main, Laut China Selatan Makin Ramai dan China Makin Terpojok Karena Ada Bangunan Ilegal di Kepulauan Spratly, 'Ini Semua Ulah China'

By Maymunah Nasution, Jumat, 2 April 2021 | 06:00 WIB

daratan bersemen yang sudah ditambahkan ke Karang Spratly oleh China di tengah ketegangan Filipina-China

Intisari-online.com - Struktur bangunan buatan manusia ditemukan di Union Banks, Kepulauan Spratly, Laut China Selatan.

Hal tersebut disampaikan oleh militer Filipina pada Kamis (1 April) yang juga telah mendokumentasikan struktur ilegal tersebut.

Bangunan itu ditemukan di dekat daerah tempat ratusan kapal China berkumpul bulan lalu.

Panglima Angkatan Bersenjata Filipina Letnan Jenderal Cirilito Sobejana menyatakan, bangunan tersebut tidak jauh dari pulau dan fitur yang diklaim oleh Manila di dalam zona ekonomi eksklusif negaranya.

Baca Juga: China Makin Terpojok dan Tak Bisa Berbohong, Foto Satelit Tunjukkan Karang Pulau Spratly Sudah Diperluas Beijing di Tengah Selonongan 200 Kapal China ke Perairan Filipina

Hanya, dia tidak menyebutkan, negara mana yang membangun struktur atau tingkat konstruksinya.

Struktur itu ditemukan pada 30 Maret, dalam salah satu patroli penerbangan maritim militer di atas Laut China Selatan, di mana mereka memantau dengan cermat aktivitas kapal-kapal China yang diyakini diawaki oleh milisi maritim.

"Konstruksi dan kegiatan lain, ekonomi atau lainnya, merugikan perdamaian, ketertiban, dan keamanan perairan teritorial kami," kata Sobejana dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters.

“Upaya kami dengan patuh menjalankan amanat kami untuk melindungi dan memajukan kepentingan nasional kami di kawasan itu terus berjalan tanpa hambatan,” ujarnya.

Baca Juga: Niatnya Main Aman dan Tak Mau Ikut Campur Urusan Laut China Selatan, Mendadak Militer Indonesia Gabung dengan Jepang dan Amerika untuk Tantang China, Sepakat Lakukan Hal Ini