Find Us On Social Media :

Inilah Jair Bolsonaro, Presiden Brasil yang Dulu Sebut Vaksin Covid-19 Ubah Manusia Jadi Buaya, Kini Malah Sibuk Gonta-ganti Pimpinan Komando Militer Brasil Agar Tetap Aman Meski Didemo Warga

By Maymunah Nasution, Kamis, 1 April 2021 | 20:32 WIB

Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang kini sesuka hati mengganti posisi komando angkatan bersenjata agar mengamankan posisi dan kekuasaannya

Intisari-online.com - Brasil melaporkan penambahan kematian Selasa lalu saat jumlah infeksi Covid-19 bertambah banyak dan melumpuhkan berbagai RS di seluruh negara.

Namun negara Amerika selatan itu justru disorot karena guncangan politik dalam negeri Rabu lalu.

Melansir CNN, sehari setelah pergantian susunan Kabinet terbesar sejak Presiden Jair Bolsonaro menjabat, tiga pemimpin komando militer Brasil dicopot.

Hal itu menambah panas spekulasi jika Bolsonaro kehilangan dukungan militer dan mencari cara agar meraih kembali cara mengendalikan mereka, di tengah tumbuhnya kritik atas caranya menangani pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pola Serangan Penyakit Covid-19 yang Aneh Terjadi di Brasil, Dokter Kabarkan Banyak Anak-anak Muda Sekarat dan Meninggal Dunia Hitungan Hari Setelah Terpapar Covid-19: Pasien Kami Semakin Muda

"Militer Menolak Keanggotaan Politik dan Bolsonaro Menggantikan Kepala Angkatan Bersenjata," demikian adalah judul tajuk utama koran O Globo.

Dalam tajuk tersebut, Folha de S. Paulo menyebut itu sebagai "krisis militer terbesar sejak 1977," ketika ada guncangan institusi serupa selama adanya diktator militer.

Posisi militer disorot dan terus-terusan dikritik karena Bolsonaro, yang juga merupakan mantan kapten, telah berbuat banyak untuk ikatannya dengan angkatan bersenjata.

Ia mengisi kabinetnya dengan jenderal dan bahkan merayakan diktator militer yang dulu menguasai negara itu.

Baca Juga: Ragukan Penggunaan Vasin Hingga Meminta Jarak Sosial Dihentikan, Jair Bolsonaro Sebut Covid-19 Tidak Akan Berakhir, Meminta Manusia Hidup Berdampingan dengan Virus Ini