Find Us On Social Media :

Sampai Bikin Korut Murka dan Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Malaysia, Inilah Mun Chol Myong, Penyelundup yang Menjamin Kehidupan Mewah Kim Jong-un

By Maymunah Nasution, Minggu, 21 Maret 2021 | 17:27 WIB

Mun Chol Myuong (kanan), pebisnis Korea Utara yang diekstradisi ke AS untuk jalani hukuman pencucian uang dan penyelundupan barang mewah ke Korut

Intisari-online.com - Kantor kedutaan Korea Utara (Korut) di Malaysia resmi ditutup dan para diplomat Korea Utara diusir pada Minggu 21/3/2021.

Dilansir dari Kompas.com, penutupan Kedubes Korut dilakukan setelah Pyongyang memutus hubungan diplomatiknya dengan Malaysia pada Jumat (19/3/2021).

Penutupan terjadi karena kasus ekstradisi seorang warga Korea Utara ke Amerika Serikat (AS).

Korut menyebut ekstradisi itu kejahatan yang tak bisa diampuni, yang dilakukan di bawah ketaatan buta pada tekanan Amerika.

Baca Juga: Kedubes RI di Myanmar Jadi Sasaran Amukan Pendemo, Ternyata Berita Inilah 'Biang Keroknya', Kemenlu Sudah Membantah

Malaysia sudah lama menjadi sekutu Korea Utara tapi hubungan memburuk setelah saudara tiri Kim Jong-Un dibunuh di bandara Kuala Lumpur tahun 2017.

Mun Chol Myong, warga Korut yang diekstradisi ke "Negeri Paman Sam", menghadapi tuduhan pencucian uang karena diduga mengekspor barang terlarang ke Korea Utara dan itu melanggar sanksi.

Setelah Pyongyang memutuskan hubungan, Malaysia memberi waktu 48 jam bagi para diplomat Korea Utara untuk meninggalkan "Negeri Jiran".

AFP melaporkan, hari ini bendera Korea Utara dan sebuah plakat diturunkan dari bangunan kedutaan negara, yang berupa rumah besar di kawasan elite Kuala Lumpur. Gerbangnya pun dirantai.

Baca Juga: Malaysia Mencak-Mencak Sadar Hubungan Mesranya Dengan Korea Utara Terancam Bubar, Malaysia Malah Ancam Balik Korea Utara Akan Lakukan Hal Ini