Find Us On Social Media :

Urat Malunya Sudah Putus, Kemarin Asyik Senggol India dan Jepang, China Kini Meminta Mereka 'Menjaga Persahabatan' Agar Bisa Hadapi AS di Asia Bersama-sama

By Maymunah Nasution, Senin, 8 Maret 2021 | 17:52 WIB

Cengkeraman AS mulai nyata, China jilat ludah sendiri sekarang mulai meminta bantuan dua negara musuhnya di Asia

Intisari-online.com - Menteri luar negeri China mencoba menaruh putaran positif pada ikatan Jepang dan India pada Minggu, mencari cara menenangkan dua negara atas masalah ketegangan perbatasan wilayah.

Merespon kekhawatiran dari Jepang mengenai undang-undang coastguard China yang baru, Wang Yi mengatakan UU itu tidak menarget negara manapun.

"Kunci untuk hubungan China-Jepang adalah tekun dan tidak biarkan masalah jangka pendek sebabkan masalah," ujar Wang dalam sela-sela Kongres Rakyat Nasional di Beijing.

Ia juga menyuarakan harapan menyelesaikan ketegangan dengan India saat negara tetangga itu mencoba menego jalan keluar dari ketegangan di perbatasan Himalaya.

Baca Juga: Afrika Memang Benar-benar Jadi 'Sarang Utang' China, Tunggakan Utang Negara Ini Memang Dihapus, Tapi Cengkeraman China Makin Kuat, Presidennya Malah Pasrah

Komentar Wang datang setelah Presiden AS Joe Biden memberi sinyal jika Washington akan menguatkan keamanan Indo-Pasifik dan memperbarui persekutuan dengan negara Asia.

Hal itu membuat China panik.

Washington mengatakan Biden mungkin menunda pembicaraan di minggu depan dengan tiga negara anggota Quad: Jepang, India, dan Australia.

Quad adalah persekutuan non formal yang sebelumnya disebut Wang sebagai "Nato di Indo-Pasifik".

Baca Juga: Bukan dengan Strategi Perang Dingin, Rupanya Begini Cara yang Tepat Dilakukan AS dan 3 Sekutunya di Indo-Pasifik Agar Bisa Kalahkan China, Jika Tidak Taiwan Hilang