Find Us On Social Media :

Serakah dan Tidak Bisa Berbagi, Inilah Deretan Pangkalan Militer yang Dibangun China, Vietnam dan Filipina di Pulau Buatan Laut China Selatan, Ketiganya Tidak Bisa Mengelak Lagi

By Maymunah Nasution, Minggu, 7 Maret 2021 | 14:28 WIB

Pembangunan pangkalan militer di Kepulauan Paracel, Laut China Selatan. ada 3 negara yang aktif membangun pangkalan militer di Laut China Selatan

Intisari-online.com - Laut China Selatan tidak diragukan lagi menjadi wilayah paling diperebutkan di Indo-Pasifik saat ini.

Perairan bersama itu sebenarnya menjadi zona ekonomi eksklusif bagi beberapa negara terutama Taiwan, China, dan negara-negara ASEAN.

Meski begitu, China menginginkan hampir seluruh perairan Laut China Selatan menjadi milik mereka.

China menginginkan Laut China Selatan untuk jadi tempat pembangunan pangkalan militer mereka.

Baca Juga: Ogah Dibantu Amerika Tetapi Mau Ancam Gempur China di Laut China Selatan, Ini Dia Senjata Baru Filipina Rudal Tercepat di Dunia Negara Musuh China Ini yang Jadi Pemasoknya

Pembangunan pangkalan militer ini sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh China saja.

Mengutip South China Morning Post, penuntut yang telah menduduki sebagian besar Laut China Selatan terutama adalah China, Vietnam dan Filiipina.

Masing-masing telah membangun fasilitas militer di pulau-pulau dan karang yang mereka duduki, dan membangun di pulau buatan yang sudah dibuat mereka.

'Ekspansi China yang besar-besaran'

Baca Juga: Hanya Berisi Terumbu Karang yang Mustahil Ditinggali Mengapa Kepulauan Spratly Diperebutkan 6 Negara Termasuk China yang Paling Ngotot!