Find Us On Social Media :

Mencak-Mencak Presiden Filipina Sesumbar Akan Usir Amerika dari Negaranya Jika Lakukan Hal Ini, Sebaliknya Justru Puji China Setinggi Langit Meski Dimusuhi Banyak Negara

By Afif Khoirul M, Kamis, 4 Maret 2021 | 06:50 WIB

Presiden Filipina Rodrigo Duterte

Intisari-online.com - Perselisihan AS dan China memang terus memanas, kedua negara ini sama-sama mengincar pengaruh di Asia Tenggara.

China sendiri telah lama dituduh tukang slonong dan merebut wilayah orang, terbungkti dengan klaim sepihak atas Laut China Selatan yang disengketakan.

Padahal Laut China Selatan berbatasan langsung dengan beberapa negara Asia Tenggara seperti, Vietnam, Filipina, Malaysia dan Brunei.

Namun China mengklaim bahwa wilayah itu merupakan miliknya, dibuktikan dengan peta yang memuat sembilan garis putus-putus.

Baca Juga: Laut China Selatan Dikepung Pasukan Militer Terkuat di Dunia, Xi Jinping Panik hingga Suruh Militer China Lakukan Hal Ini Selama Sebulan Lamanya, Ada Apa?

Dianggap melanggar batas laut internasional, Amerika tak tinggal diam dan kirimkan pasukkan ke laut yang disengketakan itu.

Sementara itu di saat yang sama, Amerika juga memanfaatkan situasi dengan mencari dukungan dari negara-negara Asia Tenggara.

Akan tetapi baru-baru ini Amerika justru disemprot oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang mengecam kehadiran militer AS di wilayahnya jika dianggap membahayakan.

Bahkan berani ancam akan mengusir Amerika jika dianggap membahayan wilayah Asia Tenggara.

Baca Juga: Dikepung di Laut China Selatan, Kapal China Mendadak Lakukan Tindakan Mencurigakan di Laut China Timur, Ketahuan Nelayan Taiwan Karena Bukti Ini