Find Us On Social Media :

Tanpa Senjata Melabrak Kapal Perang Malaysia yang Tengah Berulah, Ini Kisah Heroik Personel Pasukan Khusus Indonesia Kopaska Ketika Bertugas di Ambalat

By Khaerunisa, Sabtu, 13 Februari 2021 | 21:00 WIB

Kopaska. (ilustrasi) Personel pasukan khusus Indonesia Kopaska pernah melakukan aksi heroik di perbatasan Indonesia-Malaysia

Intisari-Online.com - Pasukan khusus Indonesia Kopaska telah melakukan berbagai operasi sejak pembentukannya.

Salah satu tugas yang pernah mereka laksanakan adalah mengamankan proses pembangunan sekaligus melindungi pekerja RI yang ada di pembangunan mercusuar Karang Unarang di Ambalat pada 2005.

Ambalat sendiri menjadi wilayah konflik antara Indonesia dan Malaysia. Setiap kali Indonesia memiliki masalah perbatasan di lautan dengan negara tetangga, Kopaska (Komando Pasukan Katak) menjadi andalan.

 

Ketika terjadi krisis perbatasan tersebut pada pertengahan tahun 2005, terjadi aksi heroik Kopaska TNI AL demi menjaga keutuhan NKRI.

Baca Juga: Dikenal Punya Pasukan Khusus Terbaik di Dunia, Ternyata Inilah Sederet Pasukan Operasi Khusus Paling Elit di AS

Saat itu dalam upaya pembangunan mercusuar Karang Unarang sebagai salah satu titik terluar perbatasan, TNI AL menempatkan satu tim Kopaska asal Satkopaska Armada Timur (Armatim) ke lokasi tersebut.

Sebelumnya pihak Malaysia memang pernah berusaha menghambat pembangunan mercusuar tersebut.

Mereka mengerahkan kapal-kapal milik Marine Police dan TLDM (Tentara Laut Diraja Malaysia) untuk melakukan manuver-manuver yang bisa menimbulkan ombak tinggi sehingga bisa mengganggu pembangunan mercusuar.

Tak hanya itu, mereka bahkan sempat berlabuh di lokasi pembangunan dan melakukan penganiayaan terhadap para pekerja.