Find Us On Social Media :

Kemenkominfo Berkomitmen Sukseskan Vaksinasi untuk Awak Media

By Nana Triana, Jumat, 26 Februari 2021 | 16:48 WIB

Ketua Dewan Pers, M.Nuh dan Menteri Kominfo, Johnny G. Plate, saat mendampingi presiden dalam pelaksanaan vaksinasi untuk awak media di Hall Basket Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (25/02/2021).

Intisari-Online.com - Peran awak media sebagai penyampai informasi kepada seluruh lapisan masyarakat, menjadi pertimbangan pemerintah untuk menjadikan insan pers sebagai salah satu prioritas penerima vaksinasi Covid-19.

Hal itu ditegaskan Presiden Joko Widodo, ketika memberikan sambutan dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Selasa (9/2/2020).

Sebagai implementasinya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Dewan Pers melaksanakan vaksinasi massal untuk awak media di Hall Basket Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Kamis, (25/2/2021) sampai Sabtu, (27/2/2020).

“Saya bersyukur sekali melalui koordinasi yang baik antara Kemenkes, Dewan Pers, Kominfo dan berbagai ekosistem lain yang memungkinkan acara vaksinasi bagi rekan-rekan media sudah bisa dimulai," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam pers yang diterima Intisari-Online.com, Jumat (26/2/2020).

Baca Juga: Cegah Penyebaran Hoaks Tentang Vaksin Covid-19, Kemenkominfo Libatkan Multistakeholder

Johnny menjelaskan, bahwa pelaksanaan vaksinasi bagi awak media tahap pertama baru dilaksanakan untuk insan pers di wilayah DKI Jakarta,

"Selanjutnya seperti Presiden sampaikan tadi akan diteruskan untuk awak media di daerah, yang tentu akan diatur lebih baik oleh Kementerian Kesehatan dan Dewan Pers," jelasnya.

Johnny menungkapkan, mengingat pentingnya vaksinasi untuk menjaga herd immunity, hal itu tidak saja diperuntukkan kepada awak media tetapi juga ekosistem lain yang menjadi garda terdepan, termasuk seluruh sumber daya manusia (SDM) di Kementerian Kominfo.

"Seperti untuk rekan-rekan dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dan mitra kerja yang akan bertugas ke daerah untuk pembangunan infrastruktur TIK. Demikian juga pejabat-pejabat yang berhadapan langsung beraktifitas dan interaksi langsung dengan masyarakat," kata Johnny.

Baca Juga: Lewat Program Titip Bandaku, Dokumen Vital Warga Merapi diubah Menjadi Arsip Digital

Menteri Kominfo menuturkan proses vaksinasi sudah dilakukan di berbagai sektor seperti untuk tenaga kesehatan,

"Termasuk di Kominfo sendiri juga sudah dilakukan. Kita harapkan gelombang vaksinasi akan berjalan lancar sehingga dalam waktu sekitar satu tahun ini vaksinasi untuk 181 setengah juta penerima bisa dilakukan di Indonesia," ujarnya.