100 Misi dengan Skuadron 308, Pilot Perang Dunia II dari Polandia yang Terakhir Masih Hidup Ini Meninggal pada Usia 97 Tahun

K. Tatik Wardayati

Penulis

100 misi dari Skuadron 308, inilah pilot Perang Dunia II dari Polandia yang terakhir hidup ini meninggal di usia 97 tahun.

Intisari-Online.com – Pilot pesawat tempur Polandia terakhir yang masih hidup dan ‘terjun’ dalam Perang Dunia II, meninggal dunia pada usia 97 tahun.

Jerzy Główczewski lahir pada tahun 1922 di Warsawa, Polandia.

Dia meninggalkan negara itu setelah invasi 1939 ke negaranya oleh Nazi Jerman dan Rusia.

Dia lulus dari sekolah menengah di sebuah sekolah Polandia di Tel Aviv, Palestina.

Baca Juga: Tubuhnya Tak Pernah Ditemukan Bahkan Nama Aslinya Pun Tak Diketahui Hingga Kematiannya, Inilah Pilot Pahlawan yang Tulis Pengalamannya Sendiri dan Memikat Negara

Sepulang sekolah, ia bergabung dengan Brigade Senapan Carpathian Independen Polandia.

Dia menerima pelatihan penerbangan di Inggris dan dikerahkan untuk mengemudikan Spitfires sebagai bagian dari Skuadron Tempur Polandia No. 308 “Kota Kraków”.

Dalam perang tersebut, ia melakukan 100 misi yang sebagian besar melibatkan pemboman dan penyerangan sasaran darat.

Dia adalah bagian dari Pertempuran Ghent di mana dia menembak jatuh Focke-Wulf 190, meskipun hanya menerima setengah kredit karena jejak serangan artileri anti-pesawat ditemukan di reruntuhan.

Baca Juga: Kisah Pilot Tempur Amerika yang Tembak 7 Pesawat Jerman, 1 Pesawat Italia, 1 Pesawat Jepang, dan 1 Pesawat Amerika yang Ditumpanginya!

Atas jasanya, ia menerima tiga Salib Keberanian Polandia, Medali Udara dan Tanda Pilot Lapangan (No. 1696).

Dia mencapai pangkat sersan perwira sebelum diberhentikan.

Ketika perang berakhir, Główczewski tinggal di Prancis sebelum kembali ke Polandia pada tahun 1947.

Setelah lulus dari Fakultas Arsitektur di Universitas Teknologi Warsawa, dia bekerja di beberapa proyek rekonstruksi Warsawa.

Dia mulai mengerjakan restorasi bangunan bersejarah dan kemudian bekerja di Stadion Ten Years dan berbagai fasilitas industri di sekitar Polandia.

Pada 1960-an, Główczewski pindah ke Amerika Serikat.

Dia adalah seorang dosen di North Carolina State University. Dia juga bekerja sebagai arsitek di AS dan di negara-negara Arab.

Główczewski menerbitkan tiga volume memoarnya: Accidental Soldier (2003), Optimist After All (2004), dan The Last Fighter Pilot (2017).

Dalam pengantar Accidental Soldier, dia mengenang kematiannya.

Baca Juga: ‘Seluruh Badan Pesawat Terbelah dan Meledak Setelah Kami Lewat’ Kisah Chuck Yeager; Petarung Perang Dunia II dan Pilot Uji Pemecah Rekor

Dia menyatakan bahwa dia adalah seorang pengungsi yang melarikan diri dari kelaparan dan kamp konsentrasi.

Selama perang, dia ditembak lebih dari yang bisa dia hitung.

Dia juga mencatat bahwa dia telah menghindari penyiksaan dan pemenjaraan di bawah rezim Komunis.

Skuadron Tempur Polandia No. 308 “Kota Kraków” dibentuk pada tahun 1940 dan dimulai dengan mendukung pembom dalam misi-misi di Prancis yang diduduki.

Mereka berganti-ganti antara tugas ofensif dan defensif selama beberapa tahun ke depan sebelum pindah ke peran ofensif selama sisa perang.

Pada akhir Perang Dunia II, skuadron itu menerbangkan misi di atas Jerman, menyerang angkutan, lapangan terbang, dan pasukan Jerman.

Kemudian Skuadron tersebut dibubarkan pada Desember 1946.

Pilot pesawat tempur Polandia datang ke Inggris pada tahun 1939 setelah kekalahan Polandia oleh Jerman dan Rusia.

Pilot Inggris tidak menyesuaikan dengan pendatang baru karena satu-satunya informasi yang mereka miliki tentang pilot Polandia adalah bahwa mereka dikalahkan dalam tiga hari oleh Nazi.

Baca Juga: Kisah Pilot Devyatayev, Tawanan Perang Rusia Curi Pesawat Pembom dan Kabur dari Cengkeraman Para Penculik Jerman dengan Bawa 9 Tawanan Perang Lainnya

Inggris tidak berharap bahwa mereka akan hidup lebih baik sekarang setelah mereka berada di Inggris.

Tapi RAF kehabisan pilot dan menjadi putus asa.

Pelatihan sulit bagi orang Polandia karena mereka harus belajar memikirkan kecepatan dalam satuan mil per jam, bukan kilometer dan bahan bakar dalam satuan galon dan bukan liter.

Pesawat-pesawat itu berbeda dari yang biasa dilakukan pilot Polandia dengan roda pendaratan yang dapat ditarik dan kontrol yang beroperasi kebalikan dari apa yang biasa mereka lakukan.

Akhirnya, 145 pilot Polandia bertempur di Pertempuran Inggris.

Salah satu skuadron mereka menembak jatuh lebih banyak pesawat musuh daripada unit lain dalam pertempuran itu.

Panglima Tertinggi Komando Udara Tempur, Marsekal Sir Hugh Dowding, menyatakan bahwa hasil pertempuran tidak akan sama tanpa kontribusi dari pilot pesawat tempur Polandia.

Baca Juga: Kisah Hazel Ying Lee, Pilot Wanita Keturunan China-Amerika pada Perang Dunia II yang Melanggar Batas Budaya, Namun Tak Pernah Diakui Perannya

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari

Artikel Terkait