Find Us On Social Media :

Uni Soviet Catatkan Sejarah Berhasil Kirim Orang Pertama ke Luar Angkasa Kalahkan AS, Demi Bisa Meraihnya Ini Sejumlah Anjing yang 'Ditumbalkan'

By Khaerunisa, Selasa, 23 Februari 2021 | 15:05 WIB

Laika. Uni Soviet Catatkan Sejarah Berhasil Kirim Orang Pertama ke Luar Angkasa Kalahkan AS, Demi Bisa Meraihnya Ini Sejumlah Anjing yang 'Ditumbalkan'

Intisari-Online.com - Pada tahun 1961, Uni Soviet mencatatkan sejarah berhasil mengirim orang pertama ke luar angkasa, sekaligus mengalahkan Amerika Serikat.

Perlombaan Luar Angkasa antara Uni Soviet dan AS dimulai sebelum Uni Soviet meluncurkan satelit buatan pertama di dunia, Sputnik 1, pada tahun 1957.

Kedua negara terus mengembangkan teknologi luar angkasa, terutama untuk meluncurkan penerbangan luar angkasa berawak manusia pertama.

Uni Soviet diam-diam menjalankan program Vostok yang bersaing dengan Project Mercury milik AS.

Baca Juga: Membawa Yuri Gagarin Jadi Orang Pertama yang Berhasil Meluncur ke Ruang Angkasa, Inilah Fakta-fakta Mengejutkan Misi Luar Angkasa Berawak Pertama Vostok I

Akhirnya, dari program Vostok, Uni Soviet berhasil meluncurkan misi berawak manusia pertamanya sekaligus pertama di dunia pada 12 April 1961.

Misi tersebut membawa seorang pilot dan kosmonot Angkatan Udara Uni Soviet, Yuri Gagarin, menjadi orang pertama yang berhasil meluncur ke luar angkasa.

Peluncuran misi Vostok I dirakayakan sebagai kemenangan besar sains dan teknologi Uni Soviet.

Moskow dan kota-kota lain di Uni Soviet mengadakan demonstrasi massal, yang skalanya sebanding dengan Parade Kemenangan Perang Dunia II, dengan Gagarin dianugerahi gelar Pahlawan Uni Soviet.