Find Us On Social Media :

Membawa Yuri Gagarin Jadi Orang Pertama yang Berhasil Meluncur ke Ruang Angkasa, Inilah Fakta-fakta Mengejutkan Misi Luar Angkasa Berawak Pertama Vostok I

By Khaerunisa, Senin, 8 Februari 2021 | 17:55 WIB

Membawa Yuri Gagarin Jadi Orang Pertama yang Berhasil Meluncur ke Ruang Angkasa, Inilah Fakta-fakta Mengejutkan Misi Luar Angkasa Berawak Pertama Vosvok I

Intisari-Online.com - Pada 12 April 1961, Yuri Gagarin, seorang pilot dan kosmonot Angkatan Udara Soviet, menjadi orang pertama yang berhasil meluncur ke ruang angkasa.

Misi Vostok I, yang merupakan misi luar angkasa berawak pertama dalam program Vosvok Soviet, membawanya mencatatkan sejarah itu.

Vostok I diluncurkan oleh program luar angkasa Uni Soviet, dan dirancang oleh insinyur Soviet Sergei Korolev di bawah pengawasan militer Kerim Kerimov dan lain-lain.

Berkat misi ke luar angkasa yang berhasil dijalankannya, Gagarin dianugerahi Ordo Lenin dan diberi gelar pahlawan Uni Soviet.

Baca Juga: Terbang dengan Kecepatan 27.400 Kilometer per Jam, Ini Orang Pertama yang Berhasil Meluncur ke Ruang Angkasa Menggunakan Pesawat Vosvok 1

Sosoknya menjadi populer, juga dibuat monumen-monumen, serta jalan-jalan diganti namanya untuk menghormati Gagarin.

Vostok 1 yang membawa Gagarin itu diluncurkan dari Baikonur Cosmodrome pada pukul 9:07 waktu setempat.

Kemudian, mencapai kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk perjalanan berawak.

Berikut ini fakta-fakta mengejutkan tentang misi luar angkasa berawak pertama yang dilakukan Yuri Gagarin, melansir Live Science: