Find Us On Social Media :

Pertemuan Terakhir Kim Jong-Un dan Donald Trump Jarang Dibahas, Rupanya Trump Tawarkan Kim Tumpangan Pulang dengan Air Force One dari Vietnam

By Maymunah Nasution, Selasa, 23 Februari 2021 | 07:00 WIB

Pertemuan Kim Jong-un dan Donald Trump

Intisari-online.com - Upaya Donald Trump saat menjabat Presiden AS untuk denuklirisasi Korea Utara tetap menjadi salah satu hal bersejarah.

Meskipun denuklirisasi belum selesai, banyak kejadian terjadi saat pertemuan dua pemimpin yang berlangsung 3 kali itu.

Rupanya ada cerita menarik pada pertemuan tahun 2019.

Donald Trump menawarkan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tumpangan pulang dengan Air Force One, setelah pertemuan puncak di Hanoi, Vietnam, dua tahun lalu, menurut sebuah film dokumenter BBC terbaru.

Baca Juga: Tak Pernah Menggubris Denuklirisasi, Kim Jong-un Akan Ciptakan Lebih Banyak Senjata Nuklir Super Besar yang Mampu Serang Musuh Berjarak 15.000 km

Film dokumenter BBC berjudul Trump Takes on the World menyebutkan, Trump secara "mengejutkan bahkan para diplomat paling berpengalaman" dengan menawarkan tumpangan pulang kepada Kim di Air Force One setelah KTT 2019 di Vietnam.

Jika Kim menerima tawaran tersebut, itu akan menempatkan Pemimpin Korea Utara dan mungkin beberapa rombongannya di dalam pesawat resmi Presiden Amerika Serikat (AS) dan memasuki wilayah udara Korea Utara, meningkatkan banyak masalah keamanan.

"Presiden Trump menawari Kim tumpangan pulang dengan Air Force One," kata Matthew Pottinger, pakar Asia terkemuka di Dewan Keamanan Nasional AS semasa Pemerintahan Trump, kepada BBC, seperti dilansir Channel News Asia.

"Presiden (Trump) tahu bahwa Kim tiba dalam perjalanan kereta beberapa hari melalui China ke Hanoi, dan Presiden berkata: Saya bisa mengantarmu pulang dalam dua jam jika Anda mau. Kim menolak," ungkap dia.

Baca Juga: Amankan Pertemuan Kim Jong Un dan Donald Trump, Ini Fakta Mengerikan dari Pasukan Gurkha, 'Mereka Terganas dari yang Terganas dan Juga Haus Darah'