Find Us On Social Media :

Satu Abad Berlalu Masih Sisakan 'Jebakan Kematian' Seluas Kota Bandung, Inilah Battle of Verdun, Pertempuran Tersengit dalam Perang Dunia I yang Ciptakan Zona Merah Abadi

By Maymunah Nasution, Senin, 22 Februari 2021 | 19:12 WIB

Kumpulan foto Perang Verdun, perang terlama sewaktu Perang Dunia I

Intisari-online.com - Cerita mengenai peperangan tidak ada habisnya bahkan meski sudah berlangsung ratusan tahun yang lalu.

Selain dijadikan bahan belajar murid di sekolah-sekolah seluruh dunia, cerita perang menjadi bahan cerita yang dijual lewat film atau buku.

Seperti film 1917 yang menceritakan kala pasukan Inggris hendak menyeberang ke Jerman saat Perang Dunia I untuk menyampaikan pesan kepada sisa pasukan mereka yang berada di garis depan.

Pesan tersebut berisikan perintah untuk hentikan serangan, karena pasukan Jerman ternyata menjebak pasukan Inggris.

Baca Juga: Dianggap ‘Tidak Menyenangkan’ pada Perang Dunia I, Usir Kebosanan dengan Melukis Tato di Tubuh Mereka, Usaha Para Pelaut Ini Bisa Diterima Saat Perang Dunia II

Ternyata cerita mengenai Perang Dunia I tidak hanya selesai di situ saja.

Setahun sebelumnya yaitu pada 18 Desember 1916, perang terpanjang selama PD I, yaitu Perang Verdun, resmi berakhir.

Peperangan ini terjadi selama 10 bulan dan memakan korban total hampir 1 juta orang, dari pihak tentara Jerman dan Perancis.

Melansir History, peperangan tersebut dimulai pada 21 Februari, setelah Jerman yang dipimpin oleh Erich von Falkenhayn, mengembangkan rencana untuk menyerang kota benteng Verdun di Sungai Meuse, Perancis.

Baca Juga: Harta Karun Perang Dunia I Diselamatkan Dari Bangkai Kapal Inggris yang Tenggelam oleh Kapal Selam Jerman, Isinya Jutaan Dollar Sampanye!