Find Us On Social Media :

5 Fakta Menarik tentang Wanita Romawi, dari Tidak Menyusui Anaknya Sendiri Hingga Berperan Menangkan Kampanye Politik Suaminya

By K. Tatik Wardayati, Senin, 1 Februari 2021 | 15:25 WIB

Fakta tentang wanita masa Kekaisaran Romawi

Intisari-Online.com – Seberapa banyak Anda mengetahu tentang kehidupan wanita Romawi kuno?

Dari hal menyusui hingga rezim kecantikan yang tidak biasa, wanita pada masa kekaisaran Romawi juga menghadapi tekanan yang sama dengan wanita masa kini.

Bagaimana kehidupan para istri kaisar Romawi? Apakah anak perempuan boleh sekolah? Dan bisakah para wanita menceraikan suaminya?

Penulis dan ahli klasik Annelise Freisenbruch membeberkan lima fakta mengejutkan tentang kehidupan para wanita di zaman Romawi kuno.

Baca Juga: Hanya 6 Bulan Jadi Diktator Romawi Sudah Sukses Bentuk 2 Legiun Baru, Kalah Oleh Pasukan Gajah Hannibal Barca dengan Obor di Tanduk-tanduknya!

1. Payudara terbaik

Wanita Romawi kaya biasanya tidak menyusui anak mereka sendiri, tetapi mereka menyerahkannya kepada budak atau wanita bayaran, yang dibayar untuk menyusui.

Soranus, penulis abad kedua tentang ginekologi, menyatakan bahwa ASI dari budak yang baru  beberapa hari melahirkan lebih disukai, dengan alasan ibu terlalu lelah untuk menyusu.

Dia tidak setuju dengan menyusui sesuai permintaan, dan merekomendasikan makanan padat seperti roti yang direndam dalam anggur harus diberikan setelah enam bulan.

Baca Juga: Inilah Enam Wanita yang Mengubah Jalannya Sejarah Romawi, dari yang Membanggakan Hingga Memalukan