Find Us On Social Media :

150.000 Prajurit, 900 Kapal: Penggalian Mengungkap Ukuran 'Raksasa' Armada Antony & Cleopatra di Pertempuran Actium yang Melegenda

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 1 Agustus 2020 | 17:40 WIB

Lukisan barok pertempuran Actium oleh Laureys Castro, 1672

Intisari-Online.com - Pertempuran Actium, yang terjadi di lepas pantai barat Yunani pada 2 September, 31 SM, secara luas dianggap sebagai momen menentukan di mana Republik Romawi jatuh dan Kekaisaran Romawi bangkit menggantikannya setelah pembunuhan Julius Caesar.

Oktavianus, putra angkat dan cicit dari Caesar, berhadapan dengan pasukan gabungan Mesir, yang dipimpin oleh Cleopatra dan Mark Antony yang telah menjadi teman dekat almarhum Caesar.

Antony pernah berada di urutan kedua dalam perintah untuk menjadi kaisar, ketika dia menemukan plot melawan temannya, dia tidak dapat memperingatkan Caesar pada waktunya dan tidak punya pilihan selain melarikan diri ke Roma.

Dia kembali setelah kudeta untuk mencoba dan melindungi warisan temannya dari serangan anumerta oleh orang-orang yang bersekongkol untuk mengakhiri hidupnya.

Baca Juga: Bisa Picu Pecahnya Perang Dunia 3, Ini Rudal-rudal Israel yang Bisa Musnahkan Jutaan Orang di Dunia dalam Hitungan Menit

Namun, setelah mengetahui bahwa Caisar mewariskan tahta ke Oktavianus, Antony menentang warisan lelaki yang lebih muda itu.

Yang terjadi selanjutnya adalah satu dekade kampanye militer yang bernasib sial yang dirancang untuk menggulingkan pewaris sah diktator yang telah meninggal.

Pasukan Antony dan Oktavianus bentrok tahun pertama setelah Caesar meninggal.

Meskipun Antony dipukuli habis-habisan, Oktavianus memasukkannya dan saingan lainnya dalam perjanjian pembagian kekuasaan yang membagi kekaisaran Romawi di antara mereka.

Baca Juga: Tinggal di Kamar Berantakan, Pria Ini Tak Sadar Selama Ini Ada Buaya Hidup di Kolong Tempat Tidurnya, Langsung Syok Tahu Hewan Itu Masuk Daftar Merah Hewan Sangat Berbahaya