Find Us On Social Media :

Dibenci Sebagai Budak, Terpinggirkan Secara Sosial, Dipisah dalam Kematian, Inilah 5 Gladiator Teratas pada Masa Kekaisaran Romawi

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 7 Januari 2021 | 09:20 WIB

Pelukis Perancis Jean-Léon Gérôme menggambarkan gladiator yang bertarung dengan binatang buas dalam lukisan tahun 1902.

Intisari-Online.com – Gladiator adalah seorang pejuang bersenjata yang menghibur penonton di Republik Romawi dan Kekaisaran Romawi dalam konfrontasi yang kejam dengan gladiator lain, hewan liar, dan penjahat terkutuk.

Beberapa gladiator adalah sukarelawan yang mempertaruhkan nyawa dan status hukum serta sosial mereka dengan tampil di arena.

Kebanyakan dibenci sebagai budak, disekolahkan dalam kondisi yang keras, terpinggirkan secara sosial, dan dipisahkan bahkan dalam kematian.

Berikut ini lima teratas gladiator pada masa Kekaisaran Roma:

Baca Juga: Menjadi 'Monster Diktator Berdarah' Setelah 'Mencicipi Darah Manusia,' Begini Kisah Kegilaan Kaisar Roma yang Awalnya Merupakan Pemuda Kaya dan Manja

5. Marcus Attilius

Attilius adalah seorang Romawi yang lahir bebas, yang kemungkinan besar mengajukan diri untuk pertempuran gladiator sebagai cara membebaskan dirinya dari hutang.

Sebagai pemula, ia mengalahkan veteran gladiator dan juara Kaisar Nero, Hilarus, seorang pejuang dihormati yang memiliki 13 karangan bunga atas namanya.

Dia kemudian melanjutkan untuk mengalahkan tangan lama lainnya dan sesama sukarelawan, Lucius Raecius Felix.

Baca Juga: Bukan Sekadar Arena Bagi Gladiator, Ini Cerita Lain di Balik Colosseum