Find Us On Social Media :

Ingat! Jangan Pernah Lakukan Swab Antigen Sendiri, Bisa Bahayakan Kesehatan! Salah Satunya Bila Alat yang Digunakan Patah di Dalam, Apa yang Bisa Anda Lakukan?

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 6 Januari 2021 | 08:00 WIB

Ilustrasi uji swab antigen

Intisari-Online.com – Wabah pandemi Covid-19 hingga saat ini belum jelas kapan berakhir, malahan kasus positif semakin hari semakin bertambah, meski banyak pula yang bisa sembuh.

Beberapa perjalanan dengan menggunakan transportasi umum untuk keluar kota atau instansi tertentu meminta masyarakat untuk melakukan swab antigen untuk mengetahui apakah ada paparan virus corona.

Namun, perlu diingat bahwa ini tidak bisa dilakukan sendiri, harus dilakukan oleh tenaga medis profesional, karena bisa membahayakan kesehatan.

Meski di luaran juga sudah terjual alat swab antigen yang, katanya, lebih murah ini.

Baca Juga: Dokter Spesialis Paru Berikan Opsi Deteksi Kilat Covid-19 Lewat Tes Swab Antigen, Dijamin Lebih Akurat Dibanding Rapid Test

Beberapa waktu lalu, video penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) yang melakukan tes swab antigen kepada temannya sebelum berkumpul viral di media sosial.

Hal ini dikarenakan BCL melakukan swab kepada temannya seorang diri, tanpa bantuan tenaga profesional.

Tindakannya itu mendapat banyak kritik.

Tak jauh berbeda, baru-baru ini di media sosial juga ramai pembicaraan terkait kisah dari seorang dokter telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Baca Juga: Jadi Satu-satunya Alat yang Bisa Buktikan Kita Positif Virus Corona Atau Tidak, Warga Indonesia Keluhkan Lamanya Hasil Tes Swab atau PCR, Dokter: Kapasitas Kita Memang Kurang