Find Us On Social Media :

Tidak Ada Negara Antara China dan AS yang Lebih Penting Daripada Indonesia, Pakar Sebutkan Bagaimana Cara Biden Masih Bisa Meraih Hati Jakarta, Berhasilkah?

By Maymunah Nasution, Senin, 4 Januari 2021 | 14:57 WIB

Kapal asing milik China masuki wilayah Laut Natuna Utara secara ilegal.

Intisari-online.com - Dalam laga China-Amerika Serikat, banyak negara lain yang memerankan kunci penting.

Bisa jadi negara-negara ini menjadi batu loncatan AS untuk menghadang kebangkitan China.

Meski begitu, tetap saja sampai sekarang posisi penting masih menjadi milik Indonesia.

Indonesia sendiri paham benar apa yang memang dimiliki, menjadi negara terbesar di Asia Tenggara tidak membuat Indonesia langsung memihak dua negara.

Baca Juga: 'Kami Berada Dalam Situasi Paling Berbahaya', China Perintahkan Pasukan Militernya untuk Bersiaga dan Siap Mulai Perang Dunia 3 dengan Amerika di Laut China Selatan!

Telah lama dirumuskan sejak era Presiden Soekarno yaitu politik luar negeri bebas aktif, bebas tidak memihak dan aktif menengahi dua pihak yang berseteru.

Sampai saat ini nampaknya politik ini masih jadi acuan terkuat Jakarta menentukan sikap kepada dua pihak yang bersengketa.

Memang sedikit menyebalkan pastinya bagi China dan AS mengetahui Indonesia ingin diagungkan oleh dua kekuatan besar dan sekaligus tidak terikat oleh keduanya.

Namun itulah yang diperoleh dari Jakarta, dan Beijing serta Washington harus memutar otak untuk memberi pengaruh di Jakarta.

Baca Juga: Indonesia Dapat Kunjungan Dari China, AS dan Jepang Berturut-turut, Seberapa Penting Indonesia dan ASEAN Dalam Prospek Indo-Pasifik yang Terbuka dan Bebas?