Find Us On Social Media :

Begini Sejarah Kapal Selam Perang, Bermula dari Tong Kaca yang Diturunkan ke Laut untuk Pelajari Ikan, Lalu Gunakan Motor Listrik Hingga Dipasangi Nuklir

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 29 Desember 2020 | 09:00 WIB

Rekonstruksi seorang seniman tentang apa yang mungkin merupakan Kapal Selam pertama di dunia yang berfungsi. Dibangun untuk James I oleh insinyur Belanda Cornelius van Drebbel dan diuji di Sungai Thames sekitar 1620, itu pada dasarnya adalah perahu dayung tertutup.

Intisari-Online.com – Asal usul kapal selam yang legendaris dimulai dari tahun 332 SM dengan kisah tentang Alexander Agung yang diturunkan ke laut dalam tong kaca untuk mempelajari ikan.

Konsep kapal selam kemudian dikirim ke belakang sejarah selama sekitar 1.800 tahun.

Ini muncul kembali dengan penerbitan Inventions or Devises oleh William Bourne pada tahun 1578, seorang penembak Inggris yang menjadi pemilik penginapan dan ahli matematika.

Dalam karya ini, Bourne menguraikan prinsip membuat perahu tenggelam dan naik kembali dengan mengubah volume kapal.

Baca Juga: Kerahkan Kapal Selam Nuklir dengan Senjata 154 Rudal Jelajah Tomahawk, Amerika Sudah Bergerak Lakukan Tindakan Militer ke Iran, Apa yang Terjadi Sebenarnya?

Jika Anda mengontrak volume kapal, itu akan tenggelam; jika Anda memperbesar volumenya, volumenya akan melayang ke atas.

Proses pasti untuk melakukan ini tidak dijelaskan, dan bahan serta teknik kontemporer menghalangi eksperimen yang efektif.

Kapal Selam Awal

Legenda Alexander dan prinsip Bourne lebih terkait dengan lonceng selam daripada perahu.

Baca Juga: Kecil-kecil Cabe Rawit, Terlibat Bentrokan dengan China, Taiwan Pamer Armada Kapal Selam Baru, Bisa Buat Militer China Kocar-kacir Jika Mencoba Menyerang Negara Itu