Find Us On Social Media :

Langka Pesawat Anti-Kapal Selam Y-8 China Jatuhkan Peledak Kedalaman, Apa Istimewanya Pesawat Tersebut?

By Tatik Ariyani, Rabu, 9 Desember 2020 | 07:00 WIB

Pesawat anti-kapal selam Y-8

Intisari-Online.com - Dalam latihan militer baru-baru ini, sebuah pesawat anti-kapal selam Y-8 milik Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) menjatuhkan peledak kedalaman.

Hal itu menunjukkan, kemampuan Y-8 untuk tidak hanya mendeteksi kapal selam, tetapi juga meluncurkan serangan.

Ordnance Industry Science Technology, majalah pertahanan berbasis di Xi'an, melaporkan, jarang ada laporan resmi yang menampilkan pesawat perang anti-kapal selam menjatuhkan peledak kedalaman.

Selama latihan, foto yang Ordnance Industry Science Technology muat memperlihatkan, sebuah pesawat perang anti-kapal selam Y-8 menjatuhkan jenis baru dari air-droppable, self-guided depth charge dari perutnya, dan secara akurat mencapai target yang dituju.

Baca Juga: Waspadai Star Syndrome, Penyakit Tak Terlihat yang Bisa Menjatuhkan Mentalitas Juga Karier Pemain Sepakbola

Berbagai peledak kedalaman digunakan dalam latihan tempur skenario nyata, yang meningkatkan kemampuan kapal perang anti-kapal selam pesawat, Ordnance Industry Science Technology menyebutkan.

Y-8, yang kadang-kadang disebut juga sebagai pesawat perang anti-kapal selam Y-9, KQ-200, atau GX-6, bergabung dengan Angkatan Laut PLA dalam jumlah besar dalam beberapa tahun terakhir.

Selain peralatan deteksi kapal selam yang canggih, pesawat ini dirancang dengan teluk senjata besar yang bisa membawa torpedo, ranjau laut, dan peledak kedalaman.

Y-8 merupakan salinan berlisensi China dari pesawat Soviet/Rusia An-12 Cub.

Baca Juga: Mudah untuk Dilakukan, Tak Disangka Pijat Kaki Jadi Obat Mujarab untuk Berbagai Jenis Sakit, Apa Saja?