Find Us On Social Media :

Perbandingan Kekuatan Militer Turki dan Prancis, Sekutu yang Justru Jalin Ketegangan, Prancis Masuk 10 Besar Terkuat, Turki Nomer Berapa?

By Khaerunisa, Sabtu, 26 Desember 2020 | 18:30 WIB

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Prancis Emmanuel Macron, ilustrasi perbandingan kekuatan militer Turki dan Prancis

Intisari-Online.com - Perbandingan kekuatan militer Turki dan Prancis, sekutu NATO yang justru jalin ketegangan, seperti apa?

Beberapa waktu lalu, perang kata-kata antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Prancis Emmanuel Macron menjadi perbincangan.

Itu terjadi usai peristiwa pembunuhan seorang guru Prancis yang menunjukkan kartun Nabi Muhammad pada murid-muridnya di kelas.

Guru itu dibunuh saat berjalan pulang dari sekolahnya di pinggiran kota Paris, yang disebut dilakukan oleh seorang anak berusia 18 tahun setelah adanya kampanye media sosial mengkritik guru bernama Samuel Paty itu.

Baca Juga: Pemilik Militer Paling Lemah di Dunia, Afrika Tengah Baru-baru Ini Harus Memohon Bantuan dari Militer Top Dunia saat Kewalahan Hadapi Pemberontakan

Atas peristiwa pembunuhan itu, Macron mengungkapkan pernyataan kontroversial yang kemudian mendapat reaksi negatif dari berbagai pihak di dunia, termasuk Presiden Erdogan yang menanggapinya dengan keras.

Namun, peristiwa pembunuhan guru yang menghebohkan dunia itu bukan satu-satunya sumber ketegangan antara pemimpin negara-negara sekutu NATO tersebut.

Turki dan Prancis sendiri telah berada di posisi yang berseberangan dalam beberapa konflik yang terjadi di dunia.

Seperti dalam Perang Saudara Libya dan sengketa wilayah di Laut Mediterania.