Find Us On Social Media :

Kota di China Mendadak Gelap Total Setelah 10 Tahun Tak Pernah Ada Pemadaman Listrik, Kehabisan Batubara Gegara Konflik dan Hentikan Pasokan dari Australia?

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 25 Desember 2020 | 15:28 WIB

Pemadaman listrik di Guangzhou pada 21 Desember 2020.

Intisari-Online.com - Penduduk di provinsi Guangdong, China selatan, melaporkan pemadaman listrik sekitar tengah malam, di tengah pemadaman listrik nasional setelah larangan impor batu bara dari Australia.

Pemadaman listrik membuat jalan-jalan di kota industri Dongguan, Shenzhen, Foshan, dan Zhuhai, serta distrik Baiyun di ibu kota provinsi Guangzhou, ke dalam kegelapan, menurut foto dan video yang diunggah ke media sosial.

Pemadaman listrik terjadi sekitar tengah malam pada tanggal 21 Desember, festival titik balik matahari musim dingin tradisional dalam kalender lunar China, malam terpanjang dalam setahun.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, Biro Catu Daya Guangdong menyalahkan kegagalan peralatan yang mempengaruhi pelanggan di daerah Sanyuanli dan Luochongwei di Guangzhou.

Baca Juga: Targetkan Banyak Negara Muslim untuk Normalisasi Hubungan, Israel Rupanya Kecualikan Negara Ini, Alasannya?

Listrik penuh dipulihkan ke jaringan setelah satu jam, setelah perbaikan darurat, katanya.

Pasokan air dan koneksi internet juga terpengaruh, dalam sebuah insiden yang kemudian dijelaskan oleh China Southern Power Grid yang dikelola pemerintah sebagai "kegagalan jaringan," surat kabar Apple Daily Hong Kong.

Seorang penduduk distrik Baiyun Guangzhou yang bermarga Zeng mengatakan telah terjadi banyak pemadaman listrik dalam beberapa pekan terakhir.

“Setelah tidak ada pemadaman selama 10 tahun, tiba-tiba ini terjadi lagi,” kata Zeng.

Baca Juga: Menyandang Status Salah Satu Konglomerat di China, Jack Ma Tiba-Tiba Diselidiki Oleh Pemerintah China, Salah Satu Bisnisnya Ini Dianggap Mengancam Negara