Find Us On Social Media :

Terkucil di Benuanya Sendiri, Ini yang akan Terjadi pada Inggris Jika Terjadi 'Hard Brexit' pada 1 Januari 2021, dari Nilai Mata Uang Anjlok Hingga Krisis Pangan

By Tatik Ariyani, Senin, 14 Desember 2020 | 06:30 WIB

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson

Intisari-Online.com - Brexit adalah penarikan Britania Raya dari Uni Eropa.

Brexit efektif berlaku pada 1 Januari 2021.

Namun, keluar 'tanpa kesepakatan' dari periode transisi Brexit pada 1 Januari akan membuat Inggris terjerumus ke dalam dunia ketidakpastian.

Hal itu karena karena Perdana Menteri Inggris Boris Johnson membuat Inggris menarik diri pada hampir 30 tahun keanggotaan pasar tunggal Uni Eropa hanya dalam waktu semalam. 

Baca Juga: Ada Kuncinya, Ternyata Terapi Pijat Tidak Selamanya Bikin Sakit, Kalau Dilakukan Benar Malah Sembuhkan Banyak Penyakit

Berkaitan dengan hal tersebut, tim penulis dan spesialis Financial Times melihat konsekuensi yang mungkin terjadi dari keputusan semacam itu pada beberapa sektor, melansir ft.com, Jumat (11/12/2020):

Mata uang

Dampak pertama - yang kemungkinan akan terjadi sebelum tanggal 1 Januari 2021 - adalah penurunan tajam dalam nilai mata uang pound.

Yang paling ekstrem, para analis memperkirakan bisa kehilangan lebih dari seperlima nilainya dari saat ini terhadap dolar dan euro jika pembicaraan gagal dibatalkan. 

Baca Juga: Alami Penyiksaan di Luar Nalar hingga Kerap Dirudapaksa, Beginilah Kisah Tragis Junko Furuta yang Tewas di Tangan Antek Yakuza