Penulis
Intisari-Online.com – Ketika membicarakan Perang Dunia Kedua, kebanyakan orang akan hanya membahas tanggal-tanggal penting dan fakta sejarah.
Tetapi tahukah Anda bahwa Inggris sebenarnya memiliki jatah paling sedikit di Eropa?
Atau bahwa Jerman memiiliki cara unik untuk memperlakukan ‘kartu as’ terbangnya?
Sejarawan James Holland mengungkapkan beberapat detail yang kurang diketahui tentang konflik tersebut.
Berikut ini rangkuman 10 fakta yang mungkin tidak pernah kita ketahui tentang Perang Dunia Kedua, seperti dilansir dari historyextra.
1. Prancis memiliki lebih banyak tank, senjata, dan prajurit, daripada Jerman pada 1940
Selalu diasumsikan bahwa selama Perang Dunia Kedua, Jerman memukul jalan mereka menuju kemenangan dengan pasukan dan Angkatan Udara yang sangat modern dan mekanis yang lebih unggul dari apa pun yang bisa dikumpulkan Sekutu pada Mei 1940.
Realitas di Perang Dunia Kedua sangat berbeda.
Pada 10 Mei 1940, ketika Jerman menyerang, hanya 16 dari 135 divisi mereka yang menggunakan mesin, yaitu, dilengkapi dengan transportasi bermotor.
Sisanya bergantung pada kuda dan gerobak atau kaki.
Prancis sendiri memiliki 117 divisi.
Prancis juga memiliki lebih banyak senjata: Jerman memiliki 7.378 artileri dan Prancis 10.700.
Tidak berhenti di situ: Jerman dapat mengumpulkan 2.439 tank sementara Prancis memiliki 3.254, yang sebagian besar lebih besar, bersenjata lebih baik, dan lapis baja daripada panzer Jerman.
2. Prioritas tenaga kerja di Inggris mengejutkan
Inggris telah memutuskan sebelum perang dimulai bahwa ia akan menjadikan kekuatan udara dan angkatan laut sebagai fokus dari kemampuan bertarungnya, dan hanya setelah jatuhnya Prancis barulah kekuatan Inggris menyadari bahwa Angkatan Darat juga harus tumbuh secara substansial.
Namun, hingga musim semi 1944, prioritas tenaga kerja di Inggris bukanlah angkatan laut, RAF, angkatan darat, atau bahkan angkatan laut pedagang, tetapi Kementerian Produksi Pesawat Udara.
Dalam perang tersebut, Inggris sendiri membangun 132.500 pesawat, pencapaian yang mengejutkan, terutama mengingat bahwa Komando Tempur dalam Pertempuran Inggris tidak pernah memiliki lebih dari 750 pesawat tempur.
3. Kerugian pengiriman pedagang Sekutu hanya 1 persen
Kerugian pengiriman Sekutu dalam Perang Dunia Kedua di Atlantik Utara, Arktik, dan Perairan Rumah hanya 1,48 persen.
Secara keseluruhan, ada 323.090 pelayaran individu, dimana 4.786 di antaranya tenggelam.
Dari jumlah tersebut, 2.562 di antaranya adalah orang Inggris, tetapi rata-rata, ada sekitar 2.000 kapal Inggris yang berlayar di suatu tempat di seluruh dunia pada hari tertentu.
Konvoi, sebagian besar, cukup aman, meskipun beberapa sangat menderita.
Pelayaran independen dan orang yang tersesat dari konvoi menderita yang terburuk, tetapi pelayaran independen yang lebih cepat diperlukan untuk mengurangi waktu bongkar muat dan kemacetan, yang merupakan kelemahan dari sistem konvoi.
4. Jepang memiliki roket Kamikaze
Bukan hanya Jerman yang menempatkan pesawat bertenaga roket ke udara dalam Perang Dunia Kedua.
Setelah kemenangan awal mereka, Jepang berjuang untuk mengejar ketertinggalan dengan teknologi AS dan Inggris, tetapi mereka mengembangkan Ohka, atau 'Cherry Blossom', sebuah rudal anti-kapal bertenaga roket yang dipandu oleh manusia, yang digunakan pada akhir perang. sebagai senjata kamikaze.
Itu harus dibawa oleh pesawat 'ibu' untuk berada dalam jangkauan, kemudian setelah dilepaskan akan meluncur menuju target, biasanya sebuah kapal, sebelum pilot akan menembakkan roket dan meluncur dengan kecepatan hingga 600 mph.
Pilot Ohka disebut Jinrai Butai, 'dewa petir', tetapi hanya berhasil menenggelamkan tiga kapal Sekutu. Itu banyak usaha dan pengorbanan yang tidak terlalu banyak.
5. Inggris memiliki penjatahan paling sedikit di Eropa
Prancis dan Inggris memulai perang tanpa penjatahan dan, meskipun diperkenalkan secara sederhana di Inggris pada Januari 1940, Prancis masih melawan pada saat mereka dikalahkan pada Juni 1940.
Sementara, Jerman, memperkenalkan penjatahan sebelum perang dan berjuang untuk memberi makan angkatan bersenjatanya dan populasi yang lebih luas dari awal sampai akhir.
Permintaan negara akan makanan dari wilayah pendudukan menyebabkan banyak orang kelaparan, termasuk penduduk perkotaan Prancis.
Orang Inggris tidak pernah merasa lapar dan, meskipun sejumlah makanan dijatah, ada banyak yang tidak.
Tentu saja, pada tahun 1945, Inggris mengalami kesulitan dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya.
6. Field Marshal Alexander adalah komandan medan perang paling berpengalaman
Field Marshal Alexander dikenal oleh setiap Inggris di negara itu pada akhir perang, tetapi dia kurang terkenal saat ini.
Dia memiliki karier yang luar biasa, dan merupakan satu-satunya perwira perang yang memimpin pasukan garis depan di setiap pangkat.
Setelah naik menjadi Brigadir Penjabat dalam Perang Dunia Pertama, ia memimpin Brigade Nowshera di Perbatasan Barat Laut pada tahun 1930-an, Divisi Pertama di Prancis pada tahun 1940, dan pasukan Inggris di Burma pada tahun 1942.
Ia memimpin Pasukan Timur Tengah dan dua kelompok tentara sebelumnya akhirnya menjadi Panglima Tertinggi Sekutu di Mediterania.
Ia juga unik di Angkatan Darat Inggris karena pernah memimpin pasukan Jerman di Latvia pada 1919-20 selama perang melawan Rusia.
7. Ada perbedaan antara pesawat tempur Sekutu dan Jerman
Luftwaffe memiliki pendekatan yang sama sekali berbeda untuk 'ace' mereka.
Tidak hanya pilot diharapkan untuk terbang dalam operasi lebih lama tanpa istirahat, mereka juga secara aktif membantu tembakan terdepan mereka mendapatkan skor besar dengan makhluk yang lebih rendah melindungi mereka sementara 'ahli' melakukan penembakan.
Di Front Timur mereka berhadapan dengan pesawat Soviet yang dipersenjatai dengan buruk dan terlatih dan segera pilot-pilot terkemuka mulai mengumpulkan skor yang sangat besar.
Bibi Hartmann adalah ace terkemuka sepanjang masa dengan 352 'membunuh'.
Ace Sekutu terkemuka dari seluruh perang adalah ace RAF, James 'Johnnie' Johnson dengan 38 kill.
8. Pesawat tempur Luftwaffe yang hilang
Pada saat yang sama ketika Messerschmitt mengembangkan Bf109, perusahaan saingan Heinkel juga mengajukan pesawat tempur monoplane all-metal baru, He112.
Prototipe awal masing-masing sangat cocok dalam hal kecepatan dan tingkat pendakian dan baik Me109E, seperti yang menjadi pesawat tempur Messerschmitt, dan He112E memiliki kecepatan lebih dari 350mph.
Yang terakhir bisa naik hingga 20.000 kaki dalam 10 menit.
Lebih penting lagi, ia memiliki undercarriage retraksi ke dalam yang sangat kokoh yang membuatnya mudah untuk mendarat bagi pilot yang baru dilatih, dan jarak tempuh yang fenomenal sekitar 715 mil, yang bahkan lebih baik daripada Messerschmitt 110 bermesin ganda.
He112 akan menjadi mitra ideal untuk Me109, dan jangkauannya merupakan keuntungan dalam pertempuran Inggris dan tempat lain.
Namun, sementara Willy Messerchmitt adalah pria pesta yang baik dan Göring memiliki kesukaan khusus (dan irasional) untuk Me110, Heinkel memiliki bau darah Yahudi, jadi pejuang Heinkel dijatuhkan.
9. Jaket American Parsons dirancang dengan mengutamakan kenyamanan
Tunik lapangan Angkatan Darat AS standar dan paling banyak dipakai adalah M41, lebih dikenal sebagai Jaket Parsons.
Ini diperkenalkan pada tahun 1941 setelah uji coba oleh Divisi 5 AS dalam latihan di Midwest dan Alaska pada musim panas dan musim gugur tahun 1940, dan diberi nama setelah Mayor Jenderal Parsons, komandan divisi.
Namun, desainnya didasarkan pada windcheater sipil sebelum perang: Angkatan Darat AS yang berkembang pesat menyadari bahwa sebagian besar rekrutannya adalah wajib militer dan bahwa kenyamanan, daya tahan, dan kepraktisan lebih penting daripada gaya militer yang apik.
Dengan ritsleting dan kancing depan, itu adalah jaket pendek sederhana, ringan dan hangat yang membutuhkan sedikit penjahitan dan tidak membuang bahan, dan yang dirancang dengan berkonsultasi dengan meja mode majalah Esquire.
10. Transportasi motor Jerman sangat minim
Propaganda masa perang Jerman bahwa Third Reich memiliki pasukan yang sangat mekanis dan modern masih dipercaya secara luas, tetapi sebenarnya, pada tahun 1939, Jerman adalah salah satu masyarakat otomotif paling sedikit di dunia barat, terlepas dari kemenangan autobahn dan Grand Prix Mercedes.
Saat perang pecah, ada 47 orang untuk setiap kendaraan bermotor di Jerman.
Di Inggris, angka itu 14, di Prancis delapan, dan di AS empat. Ini berarti tentara Jerman sangat bergantung pada rel kereta api, kuda dan gerobak serta kaki tentaranya untuk berkeliling; hanya ada 16 divisi mekanis di ketentaraan pada Mei 1940.
Lebih penting lagi, bagaimanapun, jumlah kendaraan bermotor yang relatif rendah tersebut berarti ada lebih sedikit pabrik, lebih sedikit bengkel, lebih sedikit pompa bensin dan lebih sedikit orang yang tahu cara mengemudi.
Dengan kata lain, itu adalah kekurangan yang tidak dapat diperbaiki dengan mudah.
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari