Find Us On Social Media :

Jika Perang Pecah Disebut Bakal Setara Perang Dunia I, Seperti Apa Perbandingan Kekuatan Militer China dan AS saat Ini?

By Khaerunisa, Rabu, 18 November 2020 | 18:43 WIB

(ilustrasi) perbandingan kekuatan militer China dan AS

Intisari-Online.com - Seperti apa perbandingan kekuatan militer China dan AS saat ini? Dua kekuatan yang tengah bersitegang, dan jika perang pecah disebut bakal setara perang dunia I.

Banyak pihak mengkhawatikan pecahnya peperangan angata China dan AS, berkaitan dengan hubungan yang memanas antara keduanya di Laut China Selatan.

Salah satunya disampaikan oleh seorang mantan pejabat tinggi AS, AS Henry Kissinger.

Ia memperingatkan bahwa China dan AS bersiap untuk perang habis-habisan kecuali Joe Biden bertindak cepat untuk menghentikan 'bencana' yang akan datang.

Baca Juga: Masuk Papan Atas Militer Paling Kaya di Dunia, Kekuatan Militer Negara Ini Justru Kalah dari Indonesia, Anggaran Pertahanan Indonesia Hanya 'Seujung Jari' Miliknya

Bahkan, Kissinger mengatakan bahwa konflik dua kekuatan besar tersebut setara dengan Perang Dunia I.

Kedua belah pihak saat ini sedang menuju konflik yang mirip dengan Perang Dunia Pertama, kata Mantan Menteri Luar Negeri AS itu, dikutip dari Express.co.uk.

Kissinger juga memperingatkan, karena teknologi militer yang tersedia sekarang, konflik apa pun hampir tidak mungkin dikendalikan.

Dia juga mengkritik Donald Trump karena merusak hubungan dengan China dan rendahnya tingkat diplomasi dengan Xi Jinping.