Find Us On Social Media :

Jadi Pertempuran Pertama yang Memakan Korban sejak 1975, Bentrokan China-India di Lembah Galwan Siasat Licik China? Ini Perbandingan Kekuatan Militer China dan India

By Khaerunisa, Jumat, 4 Desember 2020 | 13:34 WIB

ilustrasi perbandingan kekuatan militer China dan India

Intisari-Online.com - Mengalami pertempuran pertama yang menyebabkan korban sejak 1975, seperti ini perbandingan kekuatan militer China dan India sekarang.

Meski bermusuhan, China dan India telah terikat perjanjian damai sejak 1996, yang menyebutkan bahwa kedua belah pihak tidak akan menggunakan kekuatan militer dalam konflik perbatasan.

Namun, ketegangan yang terus meningkat di antara China dan India akhirnya pecah pada Juni lalu, dengan terjadi bentrokan tanpa senjata di Lembah Galwan.

Bentrokan tersebut merupakan yang pertama memakan korban jiwa sejak tahun 1975, di mana India menderita 20 korban jiwa, sementara China tidak melaporkan berapa korbannya namun justru diyakini lebih banyak dari India.

Baca Juga: Perbandingan Kekuatan Militer AS dan Iran, di Sektor Ini Iran Mengejar AS yang Punya Militer Terkuat di Dunia

Pada tahun 1975, empat tentara india disergap dan dibunuh sepanjang garis pemisah di Arunachal Pradesh.

Itu merupakan tembakan terakhir yang dilaporkan melewati perbatasan yang disengketakan.

Sementara korban yang lebih banyak diderita India dalam perang China dan India tahun 1962, dengan 7.000 tentara India tewas.

Ketika kini China dan India kembali mengalami pertempuran yang memakan korban jiwa, bentrokan tersebut justru disebut telah diatur Beijing.