Find Us On Social Media :

Israel Siap-siap Hadapi Amukan Iran di Tengah Kemungkinan Serangan AS, Pasukan IDF Disiagakan, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Iran

By Khaerunisa, Sabtu, 28 November 2020 | 12:50 WIB

ilustrasi perbandingan kekuatan militer Israel dan Iran

Intisari-Online.com - Permusuhan telah berlangsung lama antara Israel dan Iran, namun belakangan makin memanas, seperti apa perbandingan kekuatan militer Israel dan Iran?

Ketegangan antara Israel dan Iran sendiri semakin meningkat usai AS menarik diri dari perjanjian nuklir Iran, pada 2018 lalu.

Sejak saat itu, Iran secara bertahap meningkatkan pengayaan nuklirnya.

Sebab, Iran tidak lagi menganggap dirinya terikat dengan perjanjian soal pembatasan pada program nuklir yang disepakatinya pada 2015.

Baca Juga: Perbandingan Kekuatan Militer Turki dan Prancis, Hubungan Kian Memanas di antara Sekutu NATO, Turki Sebut Prancis Konyol karena Hal Ini

Sementara alasan Trump membawa AS keluar dari perjanjian itu lantaran ia memandang kesepakatan nuklir Iran 2015 merupakan bencana dan memalukan bagi AS.

Dia menyebutkan perjanjian yang berakhir pada 2030 memungkinkan Iran melanjutkan program pengembangan nuklir dan akan memicu perlombaan senjata nuklir di Timur Tengah.

Bukan hanya keluar dari kesepakatan nuklir Iran, baru-baru ini di masa akhir kepemimpinannya, sempat muncul kabar tentang rencana AS untuk menyerang fasilitas nuklir Iran.

Atas hal itu, Israel rupanya bersiap untuk menghadapi serangan Iran di tengah 'momen sensitif' masa akhir kepemimpinan Trump.