Find Us On Social Media :

Perbandingan Kekuatan Militer Turki dan Prancis, Hubungan Kian Memanas di antara Sekutu NATO, Turki Sebut Prancis Konyol karena Hal Ini

By Khaerunisa, Jumat, 27 November 2020 | 17:20 WIB

(ilustrasi) Perbandingan kekuatan militer Turki dan Prancis

Intisari-Online.com - Seperti apa perbandingan kekuatan militer Turki dan Prancis? Dua negara yang sebenarnya sekutu di bawah NATO tapi justru kini memiliki hubungan yang kian memanas.

Perseteruan antara Turki dan Prancis yang terjadi baru-baru ini adalah soal konflik Nagorno-Karabakh.

Melansir midleeastmonitor.com (26/11/2020), Turki mengecam seruan Prancis untuk kemerdekaan Nagorno-Karabakh.

Turki menyebut bahwa pengadopsian resolusi senat Prancis yang mendesak pemerintah untuk mengakui Nagorno-Karabakh sebagai republik merdeka adalah "konyol, bias dan jauh dari kenyataan".

Baca Juga: Perbandingan Kekuatan Militer AS dan Iran, di Sektor Ini Iran Mengejar AS yang Punya Militer Terkuat di Dunia

"Keputusan Senat Prancis ini adalah indikator yang jelas mengapa [Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa] OSCE Minsk Group, yang dipimpin oleh ketua bersama yang harus tidak memihak, tidak memberikan solusi meskipun bias," kata kementerian dalam sebuah pernyataan tertulis.

Prancis menginginkan pengawasan internasional untuk menerapkan gencatan senjata dalam konflik Nagorno-Karabakh di tengah kekhawatiran bahwa Rusia dan Turki dapat mencapai kesepakatan untuk mengecualikan kekuatan Barat dari pembicaraan damai di masa depan, kata kepresidenan hari ini.

"Kami ingin Grup Minsk memainkan perannya dalam menentukan pengawasan [gencatan senjata]," kata seorang pejabat kepresidenan Prancis kepada wartawan.

Perbedaan pendapat dalam konflik Nagorno-Karabakh merupakan salah satu yang membuat ketegangan meningkat antara sekutu NATO ini.