Find Us On Social Media :

Jadi Sekutu China hingga Bangkrut, Bahkan Pernah Serahkan Asetnya ke China, Negara Ini Malah Masih Nekat Utang ke China, Negeri Panda sampai Ogah Beri Dana

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 21 November 2020 | 16:22 WIB

Presiden China Xi Jinping - China dikabarkan akan menyerbu Taiwan pada 3 November 2020.

Intisari-Online.com - Turbulensi politik, batas utang luar negeri, dan pandemi Covid-19 semuanya bersatu untuk memperlambat investasi China di Pakistan karena Beijing menunda proyek-proyek di bawah Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC) senilai $ 62 miliar, termasuk rencana renovasi kereta api senilai $ 6,1 miliar.

Kontroversi baru-baru ini seputar proyek kereta api Jalur Utama 1, atau ML-1, yang terbesar di Belt and Road Initiative (BRI) China di Pakistan, karena Beijing ragu-ragu untuk membiayainya dengan tingkat bunga 1 persen yang diminta oleh Islamabad. Dengan jalur sepanjang 2.655 km, jalur ini menghubungkan Karachi di Selatan ke Peshawar di Utara.

Ini juga mencakup dualisasi dan peningkatan jalur kereta api dari Peshawar ke Karachi.

Pakistan sekarang telah memutuskan untuk mencari pinjaman $ 2,7 miliar dari total perkiraan pembiayaan China sekitar $ 6,1 miliar.

Baca Juga: Disingkirkan Gara-gara Kakinya Pincang Satu, Jenderal Kopassus Ini Langsung Mencak-mencak Membelanya, Bocorkan Kehebatannya Saat Jalankan Misi Sampai Rela Kakinya Putus Demi NKRI

Kementerian perkeretaapian mendukung permintaan pembiayaan penuh sebesar $ 6,1 miliar tetapi karena kekhawatiran keberlanjutan utang secara keseluruhan.

Mereka memutuskan untuk meminta pinjaman dalam tiga tahap, tunduk pada ratifikasi China.

Laporan menunjukkan bahwa perkeretaapian Pakistan akan kesulitan untuk terus membayar gaji dan pensiun kepada karyawannya tanpa suntikan dana dari pemerintah federal.

Menteri Federal untuk perkeretaapian Sheikh Rashid Ahmed mengklaim bahwa ML-1 akan menyediakan pekerjaan bagi 150.000 orang di Pakistan.

Baca Juga: Masa Jabatan Trump Berakhir Sebentar Lagi, Aliansi Iran Justru Pasang Waspada Tinggi, Mengapa?