Find Us On Social Media :

Masa Jabatan Trump Berakhir Sebentar Lagi, Aliansi Iran Justru Pasang Waspada Tinggi, Mengapa?

By Tatik Ariyani, Sabtu, 21 November 2020 | 15:52 WIB

Presiden AS Donald Trump dan Presiden Iran Hassan Rouhani.

Intisari-Online.com - Sebentar jabatan Trump sebagai presiden AS berakhir.

Namun, Iran justru bertambah waspada menjelang akhir jabatan Trump tersebut.

Iran telah menginstruksikan seluruh aliansinya di Timur Tengah untuk berada pada kewaspadaan tinggi dan menghindari provokasi dengan Amerika Serikat ( AS) yang dapat menyebabkan pemerintah Trump meluncurkan serangan di masa akhirnya menjabat.

Permintaan tersebut disampaikan oleh seorang jenderal senior Iran kepada para sekutu di Baghdadpada pekan ini, seperti yang dilansiir dari ABC pada Sabtu (21/11/2020).

Baca Juga: Makin Menggila di Sisa Pemerintahannya, China Bocorkan 4 Rencana Donald Trump untuk Bikin Kisruh Dunia, 'Ada 4 Serangan yang Direncanakan China'

Hal itu mencerminkan kecemasan regional yang meningkat atas perilaku Presiden Donald Trump yang tidak dapat diprediksi.

Selain itu, ketidakpastian dalam periode transisi yang kacau hingga presiden terpilih, Joe Biden mengambil alih dalam dua bulan.

Sekutu Iran secara kolektif menyambut kekalahan pemilihan Trump.

Di bawah kepemimpinan Trump, ketegangan AS dengan Iran meningkat, mencapai puncaknya pada awal tahun, dengan serangan udara AS yang menewaskan jenderal tertinggi Iran, Qassim Soleimani, di bandara Baghdad.

Baca Juga: Dengan Kalimat 'Awan Gelap Langit Hitam' Kamis 19 November 532 Personel Kopassus Mendadak Dikumpulkan di Cijantung, Ternyata Inilah yang Sedang Terjadi