Find Us On Social Media :

Bencinya Setengah Mati dengan Israel, Siapa Ssangka Iran dan Israel Dulunya adalah Teman Dekat, Bahkan Pernah Berikan Pelayanan Militer

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 3 November 2020 | 07:00 WIB

Bencinya Setengah Mati dengan Israel, Tak Disangka Iran dan Israel Dulunya adalah Teman Dekat

Intisari-Online.com - Setelah dua dasawarsa terakhir sengit antara Iran dan Israel, mungkin sulit membayangkan bahwa negara-negara tersebut pernah memiliki hubungan persahabatan dan kerja sama di berbagai tingkatan.

Namun mereka dulu teman dan sekutu.

Dan bahkan setelah Revolusi Islam 1979, ketika Iran tiba-tiba memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel, kerja sama militer berlanjut selama beberapa tahun ketika Iran berpaling ke Israel untuk mempersenjatai selama perang yang menghancurkan dengan negara tetangga Irak.

Para pejabat Iran dibayar dengan murah hati untuk layanan itu, tentu saja.

Baca Juga: Taiwan Masih Punya Kesempatan Menang Jika Perang, Ini Perbandingan Kekuatan Militer China dan Taiwan

Secara resmi, Iran memberikan suara menentang Rencana Pemisahan PBB untuk Palestina pada tahun 1947, dan, setelah berdirinya Israel, menentang penerimaannya sebagai negara anggota ke dalam organisasi.

Meskipun demikian, pada tahun 1950 Iran menjadi negara mayoritas Muslim kedua (setelah Turki) untuk memberikan pengakuan de facto Israel, yang menjadi terbuka dan resmi satu dekade kemudian.

Masing-masing negara memiliki alasannya sendiri untuk saling membangun hubungan.

Iran

Baca Juga: Amerika dan Sekutunya Kepanasan, Korea Utara Pamerkan Senjata yang Bisa Menembus Pertahanan Udara AS, Marinir AS Sampai Merengek Minta Tolong Israel Tapi Ditolak