Find Us On Social Media :

Keberadaanya Ditakuti Rusia dan China, Pesawat Mata-Mata Amerika Ini Sempat Mau Mampir Indonesia Tetapi Ditolak Jokowi, Ini Kemampuan Mengerikan Pesawat Tersebut

By Afif Khoirul M, Kamis, 22 Oktober 2020 | 14:43 WIB

Persenjataan Poseidon

Intisari-online.com  - Presiden Jokowi tegas menolak permintaan Amerika Serikat untuk mengijinkan pesawat militer pengawas maritim milik Amerika Serikat, P-8 Poseidon untuk mendarat dan mengisi bahan bakar di wilayah Republik Indonesia.

Kantor berita Reuters melaporkan, hal itu diungkapkan oleh empat pejabat senior Indonesia yang mengetahui permintaan tersebut kepada Reuters.

Amerika Serikat, pada Juli dan Agustus 2020 mengirimkan pejabat tingginya untuk melakukan pendekatan tingkat tinggi kepada Menteri Pertahanan, Menteri Luar Negeri dan Presiden Indonesia.

Dan semuanya dengan tegas menolak (rebuff) permintaan tersebut.

Baca Juga: Beda Pilihan Membuatnya Hidup Terpisah dari Adiknya, Inilah Kisah Muhajir, Pengungsi Timor Leste yang Sudah Puluhan Tahun Hidup di Indonesia: Mereka Pilih Merdeka Saya Ingin Bergabung dengan Indonesia

Menurut Reuters, para pejabat senior Indonesia menganggap, permintaan Amerika tersebut mengejutkan.

Karena Indonesia memiliki kebijakan luar negeri yang bebas aktif Indonesia juga tidak pernah mengizinkan militer asing beroperasi secara resmi di wilayah kedaulatannya.

Pesawat Pengintai Maritim P-8 Poseidon berperan sangat penting mengawasi kegiatan militer Cina di Laut China Selatan, yang sebagian besar diklaim oleh Beijing sebagai wilayah kedaulatan.

Mengenal pesawat P-8

Baca Juga: Bukan Sembarang Wanita Penghibur, Selir Raja Thailand Ternyata Memiliki Pangkat Seperti Pasukan Militer Hingga Gelar Sesuai Kemampuannya Menyenangkan Raja