Find Us On Social Media :

Mencegah Penularan Virus, Seberapa Pentingkah Vaksin Influenza di Masa Pandemi Corona? Ini Jawaban para Ahli

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 12 September 2020 | 19:00 WIB

Ilustrasi vaksinasi anak-anak

Intisari-Online.com – Penyakit yang sering menyerang saluran pernapasan ini biasanya selalu muncul di saat perubahan ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu.

Influenza atau flu adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan.

Penyakit yang disebabkan virus ini dapat menular lewat cipratan cairan dari saluran pernapasan (droplet) saat penderita batuk, bersin, dan bicara. Influenza umumnya menimbulkan gejala seperti demam tinggi, nyeri, sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk, atau pilek.

Namun, bagi pemilik daya tahan tubuh rentan, penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi pneumonia, gagal ginjal, sampai kematian.

Baca Juga: Meski Dihantam Covid-19, Kepercayaan Warga Indonesia Terhadap Vaksin Malah Paling Jeblok Sedunia, Polarisasinya Bahkan Sangat Ekstrem

Sejumlah otoritas kesehatan menyerukan pentingnya pemberian vaksin influenza atau dikenal dengan vaksin flu di masa pandemi Covid-19.

Kendati tidak bisa mencegah Covid-19 , namun pemberian vaksin influenza bermanfaat melindungi diri dari penyakit yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

Sedia payung sebelum hujan

Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SsPD, K-AI, FINASIM menyebut, pemberian vaksin influenza penting saat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Tidak Tahu Apakah Dapat Suntikan Vaksin atau Plasebo, Relawan yang Disuntik Vaksin Buatan China ini Positif Terpapar Covid-19