Find Us On Social Media :

Meski Dihantam Covid-19, Kepercayaan Warga Indonesia Terhadap Vaksin Malah Paling Jeblok Sedunia, Polarisasinya Bahkan Sangat Ekstrem

By Ade S, Sabtu, 12 September 2020 | 11:57 WIB

Duh, Relawan Ini Dinyatakan Positif Covid-19 Usai Disuntik Calon Vaksin Corona buatan China, kok Bisa?

Intisari-Online.com - Meski kerap dihantam berbagai penyakit mematikan nan menular seperti Covid-19, kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap vaksin sangat rendah.

Bahkan kepercayaan terhadap vaksin di Indonesia disebutkan mengalami penurunan paling besar di dunia.

Dari 149 negara yang ditelaah oleh seorang peneliti dari Inggris, Indonesia berada di posisi paling tinggi dalam hal penurunan kepercayaan terhadap vaksin.

Penelitian ini sendiri merupakan hasil studi kepercayaan vaksin global yang dilakukan peneliti Inggris.

Baca Juga: Bikin Geger, Usai Disuntik Vaksin Covid-19 dari China, Relawan Asal Indonesia Ini Justru Positif Terpapar Virus Corona, Petugas Uji Klinis Beri Penjelasan Begini

Menurut studi yang memetakan tren kepercayaan vaksin di 149 negara antara 2015 dan 2019, sebagian penurunan kepercayaan publik di Indonesia dipicu oleh mempertanyakan vaksin campak, gondong, dan rubella, serta promosi alternatif alami untuk vaksin.

Studi kepercayaan vaksin global menunjukkan, polarisasi politik dan misinformasi online mengancam program vaksinasi di seluruh dunia, dengan kepercayaan publik yang berubah-ubah dan sangat bervariasi antar negara.

Studi tersebut menemukan, skeptisisme tentang keamanan vaksin cenderung tumbuh bersamaan dengan ketidakstabilan politik dan ekstremisme agama.

"Sangat penting dengan ancaman penyakit baru dan yang muncul seperti pandemi COVID-19, kami secara teratur memantau sikap publik," kata Heidi Larson, profesor di London School of Hygiene & Tropical Medicine yang memimpin penelitian, seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Tidak Tahu Apakah Dapat Suntikan Vaksin atau Plasebo, Relawan yang Disuntik Vaksin Buatan China ini Positif Terpapar Covid-19