Find Us On Social Media :

Meski Tidak Dibeberkan Secara Rinci, Namun Uji Coba Vaksin Covid-19 dari Oxford Dihentikan Sementara, Sukarelawan Dilaporkan Alami Reaksi Buruk

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 9 September 2020 | 12:59 WIB

iIustrasi covid hari ini

Intisari-Online.com - Pengembang vaksin virus corona terkemuka di Inggris terpaksa menangguhkan uji coba tahap akhir setelah sukarelawan mengalami reaksi merugikan yang serius.

Dilansir Mirror, AstraZeneca Plc - yang bekerja bersama Universitas Oxford - telah mengonfirmasi, mereka harus menghentikan sementara pengembangan vaksin untuk melakukan peninjauan data keselamatan.

Tidak diketahui apakah pengembang terdepan vaksin yang membuat keputusan itu atau diperintahkan oleh badan pengatur, lapor Stat News.

Sifat dari reaksi merugikan atau kapan reaksi itu terjadi pun tidak dibeberkan.

Baca Juga: AS Modernisasi Rudal Balistik Nuklir Antar-benua, Pengganti Minuteman 3: Akurasi, Jangkauan, dan Keandalannya Luar Biasa, Apa Lagi?

Meski begitu, sukarelawan itu dilaporkan segera pulih.

Juru bicara AstraZeneca menyebut penangguhan itu sebagai "tindakan rutin" yang harus dilakukan setiap kali ada potensi penyakit yang tidak dapat dijelaskan.

Mereka mengatakan, sangat penting untuk menjaga integritas uji coba.

AstraZeneca pun kini sedang bekerja untuk mempercepat peninjauan peristiwa tunggal untuk meminimalkan dampak potensial pada proses uji coba.

Baca Juga: Selama 16 Tahun Buat Kehancuran dan Kekacauan di Irak, Trump dan Pentagon Akhirnya Setuju Tarik 3.500 Tentara AS dari Irak, 'Kami Ingin Mengakhiri Perang'