Find Us On Social Media :

Turki-Yunani Memanas, Kisah 'Bandung Lautan Api' di Tepi Mediterania Kembali Diungkit, saat Bangsa Yunani Dipaksa Saling Bunuh oleh Tentara Turki

By Ade S, Rabu, 9 September 2020 | 08:00 WIB

Turki-Yunani Memanas, Kisah 'Bandung Lautan Api' di Tepi Mediterania Kembali Diungkit, saat Bangsa Yunani Dipaksa Saling Bunuh oleh Bangsa Turki

Intisari-Online.com - Ketegangan di Laut Mediterania membawa kembali kisah kelam genosida bangsa Yunani oleh Bangsa Turki di Smyrna.

Kembalinya ingatan akan peristiwa bersejarah tersebut mencuat setelah kembali diungkit oleh penasihat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Sang penasihat yang bernama Mesut Hakki Casin tersebut mengancam Yunani karena telah berani melawan Turki.

Selain menyebut negaranya akan menembak jatuh 5 sampai 6 jet tempur Yunani jika perang terjadi, Casin juga menyebut tentang Smyrna.

Baca Juga: Siap Hadapi Turki, Yunani Borong Persenjataan dari Anteknya Perancis: Jet Tempur Rafale dan Kapal Frigat Tak Ketinggalan!

Sambil mengejek, Casin menyebut nasib bangsa Yunani kelak akan kembali seperti peristiwa memilukan di Smyrna pada 1922.

Sebuah peristiwa yang oleh banyak orang yang mengakhiri posisi dan pengaruh Yunani di 'Asia Kecil' yang sebelumnya kokoh selama 3.000 tahun.

 

Di mana saat itu bangsa Yunani dipaksa untuk saling bunuh sesamanya oleh para tentara Turki.

Apa sebenarnya yang terjadi di Smyrna yang oleh sebagian pihak dianggap tak ubahnya peristiwa Bandung Lautan Api tersebut?

Baca Juga: Peduli Setan! Dimusuhi Yunani dan Ditentang Seluruh Uni Eropa, Turki Tetap Siap 'Goyang' Laut Mediterania Dengan Mulai Lakukan Latihan Militer, Mari Tengok Seperti Apa