Find Us On Social Media :

Disembunyikan Dari Dunia, PBB Sebut Justru Hanya 5% Dana Negara Korea Utara yang Dialokasikan Menghadang Virus Corona

By Maymunah Nasution, Rabu, 2 September 2020 | 06:00 WIB

Penampakan di dalam negara Korea Utara.

Intisari-online.com - Kondisi Corona di Korea Utara kian hari semakin memprihatinkan.

Mengutip The Korea Herald, PBB sebutkan jika Korea Utara hanya gunakan dana 5% dari APBN untuk menghadang Covid-19.

Dalam update Juli untuk Rencana Respon Kemanusiaan Global Covid-19 yang dipublikasikan Senin kemarin, kantor PBB untuk Koordinasi dan Hubungan Kemanusiaan menutup laporan finansial untuk merespon Covid-19 di masing-masing negara serta status pendanaannya.

Menurut laporan tersebut, PBB perlu 39,7 juta Dolar untuk menangani Covid-19 di Korea Utara, tapi sampai saat ini mereka baru menerima kurang dari 5% dari kebutuhan tersebut, yakni sekitar 1,8 juta Dolar.

Baca Juga: Pernah Merasakan Kedutan di Sekitar Perut? Ada Pertanda Apakah Sebenarnya Itu Ataukah Hanya Mitos?

Juni lalu PBB telah menerima 1,3 juta Dolar untuk Korea Utara, dan telah amankan setengah juta Dolar dalam dua bulan kemudian.

Status pendanaan untuk Korea Selatan berada di peringkat kelompok paling bawah dari 63 negara, bersama Tanzania, Uganda dan benin.

"Tanpa aksi apapun, kita akan melihat peningkatan kemiskinan global pertama kali sejak 1990 dan 270 juta orang menghadapi kelaparan di akhir tahun ini," ujar laporan tersebut.

Korea Utara saat ini telah mengkarantina 31 ribu warga negara, menurut Edwin Salvador, perwakilan WHO di Pyongyang.

Baca Juga: Hilangnya Pembaca Berita TV Propaganda China Asal Negara Ini Buktikan Bahwa 'Pembawa Propaganda' Pun Tidak Aman Dari Hukuman Mengerikan 'Penjara Hitam' Milik Xi Jinping