Find Us On Social Media :

Yunani Kelimpungan Sampai Minta Bantuan Militer Mesir Hadapi Turki di Laut Mediterania, Rupanya Kekuatan Mesir Tidak Tanggung-Tanggung, Pernah Percundangi Militer Israel Waktu Ini

By Maymunah Nasution, Sabtu, 29 Agustus 2020 | 13:43 WIB

Kapal angkatan bersenjata Yunani dan Perancis berlayar dalam formasi saat latihan militer gabungan di Laut Mediterania, gambar diperolehh Reuters Kamis (13/8/2020)

Intisari-online.com - Merasa batas maritimnya diterobos oleh Turki atas upaya pengeboran hidrokarbon, Yunani mulai mencari bantuan.

Mengutip Al Jazeera, Yunani telah meminta kerja sama dengan Mesir untuk menjaga wilayah perairan mereka beberapa jam setelah Turki perpanjang operasi pengeboran gas di Laut Mediterania.

Ancaman Turki memang tidak bisa dianggap main-main oleh Yunani, karena pada awal September besok Turki jadwalkan akan lakukan latihan militer di wilayah tersebut.

Kesepakatan Athena dan Kairo dilihat sebagai respon kesepakatan Turki-Libya yang ditandatangani pada 2019 lalu, yang bolehkan Turki mengakses ke wilayah manapun di mana ada simpanan hidrokarbon dalam jumlah besar.

Baca Juga: Dijaga 20 Mata-mata dan Dikelilingi Sistem Canggih, Agen Mossad Israel Berhasil Obrak-abrik Lemari Besi Iran dan Curi Dokumen Nuklir,  'Misi Selesai Hanya Dalam Waktu 6,5 Jam Saja'

Di bawah kesepakatan ini, Mesir dan Yunani sekarang bisa mencari keuntungan maksimal dari sumber daya yang tersedia di zona ekonomi eksklusif, termasuk sumber daya minyak dan gas.

Perjanjian serupa juga dilakukan oleh Yunani dengan Italia Rabu kemarin.

Juru bicara pemerintah Yunani Stelios Petsas Kamis kemarin mengatakan "ratifikasi mereka ini mendesak" karena "aktivitas ilegal Turki".

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mengatakan pada parlemen ada undang-undang lain yang memperpanjang batas tepi pantai Yunani dari Laut Ionia 11 km menjadi 12 km di bawah konvensi maritim internasional.

Baca Juga: Nekat Tak Pakai Masker, Pengantin Pria Disuruh Push Up di Pelaminannya Sendiri