Find Us On Social Media :

Negaranya Punya Ratusan Gudang Amonium Nitrat, Rakyat Australia Kini Gusar, Salah Satu Tempat Bahkan Punya Potensi 'Kekuatan' 4 Kali Lebih Dahsyat dari Ledakan Beirut

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 7 Agustus 2020 | 12:41 WIB

Amonium Nitrat

Intisari-Online.com - Ledakan amonium nitrat besar-besaran yang menewaskan sedikitnya 135 orang di Beirut kini membuat Australia khawatir karena bahan kimia tersebut banyak ditimbun di beberapa tempat di negara itu.

Melansir Daily Mail, bahan kimia amonium nitrat itu tersimpan di 170 situs di Australia Selatan dengan sebuah stok besar di Newcastle, Sydney Utara.

Ledakan hebat di ibu kota Lebanon dilaporkan berasal dari sebuah tempat dengan muatan 2.750 ton ammonium nitrat, yang memberi perhatian adanya kemungkinan bahaya bagi persediaan bahan tersebut di Australia.

Yang paling mengkhawatirkan adalah penimbunan amonium nitrat besar-besaran di sebuah fasilitas di Orica, Sydney Utara.

Baca Juga: Warga Beirut Hampir Berutang Nyawa Padanya, Kolonel Ini Tewas dengan Hasil Otopsi Penuh Kejanggalan Tak Lama Setelah Minta Amonium Nitrat Dipindahkan

Tempat itu berjarak 3 kilometer dari CBD Newscastle dan 800 meter dari para penduduk di wilayah Stockton.

Hingga 12.000 ton bahan kimia amonium nitrat disimpan di sebuah pabrik Pulau Kooragang Orica, yang menghasilkan 430.000 ton setiap tahunnya.

Lebih dari 300 penduduk setempat berkampanye untuk merelokasi pabrik atau mengurangi persediaan jauh sebelum ledakan pada Selasa (4/8/2020) di Beirut, Lebanon terjadi.

"Ini akan menjadi bencana bagi Newcastle jika itu terpicu dan meledak," kata juru bicara Stockton Community Action Group, Keith Craig kepada Today Show, Kamis (6/8/2020).

Baca Juga: Termasuk Jadi Bahan Racikan Bom Bali 2002, Simak Kisah Antara Amonium Nitrat dan Aksi Bom di Indonesia Berikut Ini