Find Us On Social Media :

Hadapi Corona: 10 Strategi Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh, Salah Satunya dengan Kebiasaan Mencuci Tangan

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 14 April 2020 | 17:00 WIB

Cuci tangan

Intisari-Online.com – Wabah virus corona yang melanda dunia bahkan Indonesia telah menewaskan banyak korban, meski juga banyak yang telah sembuh.

Kejadian ini membuat kita harus memperkuat sistem kekebalan tubuh demi mendapatkan tubuh sehat agar dapat melawan virus vorona.

Sistem kekebalan adalah sistem pengawasan tubuh Anda, bekerja selama 24 jam dan tujuh hari seminggu untuk mengidentifikasi dan menghilangkan virus dan bakteri yang akan membuat Anda sakit.

Sistem kekebalan Anda adalah salah satu sistem paling kompleks dalam tubuh dan terdiri dari berbagai organ, sel, dan protein; termasuk kulit Anda, kornea mata Anda, mukosa sistem pernapasan Anda, saluran pencernaan Anda, dan sistem limfatik Anda.

Baca Juga: Hadapi Corona Ini 5 Cara Alami untuk Tingkatkan Kekebalan, Salah Satunya Minum Minuman yang Tetap Membuat Kita Terhidrasi

Pola makan yang buruk, stres kronis, dan kurang tidur serta kondisi medis tertentu dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda.

Berikut adalah 10 strategi yang dapat Anda terapkan untuk memperkuat sistem kekebalan selama menghadapi virus corona ini.

1. Dapatkan vaksinasi flu

Virus flu dapat menyerang siapa saja, bahkan yang bugar dan sehat, jadi penting untuk mendapatkan vaksinasi flu tahunan untuk melindungi diri Anda dan juga untuk menghentikan penyebaran penyakit.

Baca Juga: Hadapi Corona: Gunakan Masker Buatan Sendiri untuk Tangkal Virus Corona, Namun Hindari Kesalahan Berikut Ini